Return to site

Ini Yang Harus Anda Lakukan Saat Prospek Tidak Merespon

Jangkau kembali prospek Anda dengan 5 langkah sederhana ini

· Tips Sales

Menghadapi seorang prospek yang sudah menyatakan ketertarikannya tetapi tidak memberikan respon lanjutan kepada Anda? Coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan respon dari mereka.

1. Forward email balasan kepada prospek

Terkadang seorang prospek yang tidak memberikan respon mengalami beberapa kondisi yang membuat mereka tidak memberikan respon. Diantaranya adalah lupa karena setelah membuka email dari Anda, ia memiliki kesibukan lain yang memaksa meninggalkan email.

Jika dalam beberapa hari prospek Anda tidak merespon email Anda, cobalah untuk memforward email Anda kembali kepada prospek. Buatlah email yang sederhana untuk sekedar mengingatkan prospek. Perlu Anda perhatikan, jangan sampai Anda memforward email tetapi tidak memiliki konten atau hanya berisikan konten email yang sudah dikirimkan sebelumnya.

2. Menghubungi perusahaan

Jika Anda takut mengganggu waktu prospek untuk menelpon secara langsung, cobalah untuk menghubungi perusahaan dimana ia bekerja. Mulailah dengan bertanya apakah prospek Anda berada di tempat atau sedang memiliki kesibukan. Jika customer service perusahaan mengatakan prospek tidak di tempat, buatlah pesan kepada prospek melalui customer service untuk menghubungi Anda.

3. Mengubah cara Anda untuk mengontak prospek

Jika setelah Anda mengirimkan email dan juga menghubungi perusahaan, prospek belum juga menghubungi Anda, carilah jalan lain untuk mengontak prospek Anda tersebut. Anda dapat menjangkau prospek dengan social media atau melalui cara-cara lain seperti dengan mendekati orang-orang yang dekat dengan prospek. Ketika Anda memilih untuk mendekati orang terdekat prospek, pastikan Anda tidak membicarakan negosiasi Anda kepada orang lain. Tujuan utama Anda adalah sebatas untuk memancing prospek untuk mengingat Anda kembali

4. Mencoba menghubungi di kesempatan lain

Jika Anda sudah berusaha menghubungi prospek dengan berbagai cara tetapi prospek belum memberikan respon lanjutan, cobalah untuk menunggu beberapa hari lagi. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terkesan terlalu mengejar dan mengharap kesepakatan.

5. Lepaskan prospek

Langkah terakhir yang harus Anda ambil ketika tidak ada langkah yang berhasil menjangkau prospek Anda setelah usaha-usaha dari poin 1-4, mulailah untuk melepaskan prospek Anda tersebut. Karena semakin fokus dengan prospek yang tidak memberikan respon hanya akan membuang waktu Anda. Biarkan prospek Anda menghubungi Anda kembali jika memang mereka sangat membutuhkan produk Anda.

Itulah cara-cara untuk menjangkau kembali prospek Anda yang tidak memberikan respon. Apabila Anda memiliki cara lain, silakan tinggalkan komentar Anda! Jangan lupa untuk mengikuti blog kami dengan mendaftar newsletter kami.

Ilustrasi (c) Pixabay.com