Return to site

4 Cara Untuk Menemukan Target Pemasaran Yang Tepat

Kisi-kisi agar strategi marketing Anda sukses mencapai audiens yang tepat

· Tips Marketing

Untuk awal bisnis yang baik, Anda perlu mencari tahu siapa target audiens untuk pemasaran yang akan Anda lakukan. Jika Anda menargetkan pemasaran untuk semua orang, apakah Anda yakin produk Anda ini akan sesuai dengan audiens? Sebaliknya, Audiens yang tertarget akan cenderung mencapai penjualan dengan cepat dibandingkan dengan pemasaran yang ditujukan untuk target pelanggan secara umum. Ini terjadi karena, audiens yang tertarget lebih memiliki kebutuhan akan produk dibandingkan yang tidak tertarget.

Selain membawa proses penjualan yang lebih cepat, dengan audiens yang tepat, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran untuk pemasaran dengan ROI yang lebih cepat tercapai. Bagaimana untuk bisa menemukan target audiens yang tepat dalam menjalankan pemasaran? Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda.

1. Melakukan survei di sosial media

Facebook dan Twitter memiliki fitur polling yang dapat Anda gunakan untuk menemukan target audiens yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui usia rata-rata pelanggan Anda di sosial media, Anda dapat membuat polling usia. Untuk menemukan produk yang paling disukai, Anda dapat membuat polling produk. Dengan cara sederhana seperti ini, Anda dapat menemukan mayoritas pelanggan Anda dan bagaimana cara untuk menentukan target marketing selanjutnya.

2. Melakukan survei online atau melalui email

Ada banyak platform survei gratis yang dapat Anda gunakan untuk menemukan target audiens yang Anda harapkan. Salah satu platform yang dapat Anda pilih adalah Google Forms. Jika Anda ingin mengetahui mayoritas pelanggan, Email menjadi media yang sangat cocok untuk Anda gunakan.

3. Menganalisa pelanggan yang Anda miliki

Anda tidak ingin melakukan survei online maupun sosial media, Anda dapat menganalisa pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Sayangnya, untuk menerapkan metode ini, Anda perlu menghabiskan waktu yang cukup lama jika tidak dilengkapi dengan platform pendukung. Salah satu platform pendukung yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan metode ini adalah penggunaan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).

4. Mengenal customer persona

Karakterisitik pelanggan-pelanggan yang Anda miliki perlu mendapat perhatian lebih untuk menemukan target audiens yang tepat. Ketika Anda berhasil menggabungkan hasil riset dan juga karakteristik pelanggan, Anda telah memiliki data yang cukup untuk menciptakan perencanaan pemasaran yang lebih efektif berdasarkan audiens yang sesuai dengan target market Anda. Baca lebih lanjut tentang cara menemukan persona pelanggan pada artikel ini.

Ada hal lain yang ingin ditambahkan? Silakan masukkan tambahan Anda pada komentar di bawah ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang CRM, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly