Return to site

4 Cara Untuk Sukses Meningkatkan Kerja Sama Tim

Menjadikan tim Anda lebih baik dalam bekerja!

· Leadership

Kerja sama tim yang baik merupakan awal mula dari keberhasilan suatu perusahaan. Tidak hanya tim dalam satu departemen saja, kerja sama juga perlu dilakukan dengan tim antar departemen. Bagaimana pun, berbeda departemen tetap saja berada dalam satu naungan perusahaan. Artinya, mereka semua adalah satu tim yang harus bekerja sama agar perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

Keberhasilan leader yang dapat menyatukan kerja sama tim dalam satu departemen hingga antar departemen merupakan kunci kesuksesan yang tidak ternilai harganya. Keberhasilan ini pun akan membawa budaya positif untuk kenyamanan tim dalam bekerja setiap harinya. Sehingga ada prestasi tambahan bagi seorang leader ketika berhasil membawa tim yang solid untuk perusahaan. Bagaimana cara untuk membawa kesuksesan agar tim Anda dapat bekerja sama dengan baik? Berikut adalah 4 poin penting yang perlu Anda perhatikan.

1. Membuka komunikasi dengan seluruh anggota tim

Komunikasi adalah jalan utama agar tim dapat bekerja dengan maksimal dan merupakan aspek penting bagi tim saat bekerja. Anda harus membuka kesempatan bagi seluruh tim untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan, berbagi ide, berbagi masalah dan saling berbicara dengan anggota tim lain ketika menghadapi masalah merupakan langkah yang baik agar tim Anda dapat tumbuh Bersama-sama.

2. Saling menghormati

Tim Anda tidak hanya berasal dari satu suku dan budaya. Jangan biarkan perbedaan tersebut menjadi satu hal yang dapat memecah belah tim atau bahkan membuat kondisi dalam satu tim tidak dapat bekerja sama. Untuk itu, wajib bagi Anda sebagai leader untuk mulai mengembangkan kerja sama dengan menanamkan rasa saling menghormati dan tenggang rasa kepada seluruh anggota tim. Sehingga tim Anda nantinya dapat mengenali dan menerima budaya antar anggota tim.

3. Komitmen

Semua anggota tim harus memiliki komitmen untuk bekerja sama dengan anggota tim lainnya atau bahkan dengan anggota tim dari departemen lain. Berikan kesempatan kepada tim Anda untuk mendedikasikan dirinya dengan pekerjaan yang ia anggap lebih baik untuk masa tertentu. Jika apa yang sudah dilakukan olehnya tidak sesuai dengan harapan perusahaan, saat itu pula Anda wajib menghentikan langkah yang ia ambil dengan meminta untuk bekerja sesuai SOP perusahaan.

4. Beradaptasi

Anda sebagai leader perlu beradaptasi dengan kebiasaan positif dari sikap tim Anda. Seperti, beradaptasi dengan anggota tim millennial. Jika Anda terlalu kaku dengan apa yang biasa Anda lakukan dengan anggota tim yang memiliki kebiasaan berbeda, tentu suasana dalam tim Anda pun tidak akan nyaman. Sebaliknya, bagi seluruh tim, wajib bagi mereka beradaptasi dengan budaya yang ada di dalam perusahaan dengan tidak membuat perubahan budaya perusahaan ke arah yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh tim Anda.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kerja sama tim Anda yang dapat kami berikan. Apabila Anda memiliki tips lain, Anda dapat berbagi dengan kami dengan menambahkan komentar di bawah ini. Jika Anda menyukai artikel-artikel kami, Anda dapat mendaftarkan email pada form subscribes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly