Return to site

Hybrid Cloud Solusi Untuk Bisnis Anda Di Masa Depan

Mengenal teknologi hybrid cloud untuk kepentingan bisnis

· News

Hybrid cloud adalah penggabungan dua teknologi cloud pada satu tempat . Di mana teknologi tersebut adalah public cloud dan private cloud. Memang, pada dasarnya teknologi cloud yang tersedia adalah private dan public. Hanya saja, keduanya ini bekerja secara terpisah pada sistem cloud. Sedangkan pada hybrid ini, pengguna dapat membuka cloud pada dua versi ini sekaligus dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan manajemen data yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang sering dikhawatirkan oleh pengguna yang masih terlalu awam untuk menggunakan teknologi cloud, terutama yang berhubungan dengan masalah keamanan. Karena, memang masalah keamanan cloud selalu menjadi topik yang tidak akan pernah berhenti. Terlebih lagi untuk public cloud yang bisa saja dibuka oleh banyak orang dalam satu waktu dengan perintah tertentu (contoh, membagikan url file secara umum). Tetapi, Cloud computing memiliki banyak manfaat dan dari situlah hybrid cloud masuk untuk memberikan beberapa keuntungan seperti berikut ini.

1. Skalabilitas sistem

Hybrid cloud dibangun untuk meningkatkan kapabilitas, kapasitas dan skalabilitas sistem dan server untuk perusahaan.  Sehingga, tingkat kinerja hybrid cloud jauh lebih baik dalam menyimpan data yang sifatnya umum (public) maupun yang sifatnya rahasia untuk akses terbatas (private).

2. Tingkat keamanan yang lebih baik daripada single cloud

Hybrid cloud menawarkan lebih banyak fitur keamanan untuk para penggunanya. Karena, sistem yang terbagi dalam dua bagian public dan private, sudah pasti penyedia akan memperhatikan keamanan data-data private pengguna. Jadi, peningkatan kemanan sistem dan server sudah pasti menjadi masalah prioritas dari masing-masing penyedia.

3. Hak akses dan kontrol data

Anda dapat memilih layanan seperti apa yang ingin Anda dapatkan, mengontrol data dan penyimpanan serta manajemen cloud yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan dalam membangun solusi yang ideal. Anda juga dapat memindahkan data-data dari privet ke public maupun sebaliknya dengan lebih mudah.

4. Hemat biaya

Anda tidak perlu membayar biaya yang berlebihan untuk penggunaan cloud. Yang perlu Anda lakukan adalah membayar satu sistem untuk dua sistem berbeda. Meskipun terlihat seperti lebih mahal, untuk kelebihan yang lebih beragam, hybrid cloud akan jauh lebih murah untuk Anda.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly