Return to site

Tren AI Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal kehadiran AI dan perkembangannya

· News

Implementasi teknologi  Artificial Intelligent terus mengalami peningkatan dan sudah diaplikasikan di berbagai platform. Baik itu untuk kepentingan bisnis, keamanan IoT dan keamanan personal. International Data Corporation (IDC) memprediksikan pasar AI secara global yang dirilis oleh Towards Data Science, diperkirakan akan mencapai USD57.6 miliar pada tahun 2021 mendatang. Artinya, selama periode 2019-2021 ini akan ada banyak perusahaan yang akan mulai mengimplementasikan AI untuk kepentingan bisnisnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mengenal tren teknologi yang memiliki relevansi dengan AI.

1. Chip yang dikhususkan untuk AI

Perusahaan-perusahaan chip yang sudah umum seperti Intel, ARM, Nvidia dan produsen-produsen lainnya sudah mulai memproduksi chip-chip khusus untuk mendukung daya dan kinerja AI. Dengan dukungan dari produsen besar seperti ini, sudah pasti kinerja dari teknologi AI akan semakin membaik.

2. IoT dan AI

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang dikonsepkan untuk memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikan hardware dengan bantuan software memanfaatkan internet. Kehadiran AI pada IoT akan semakin meningkatkan kesempatan bagi para penggunanya dalam mengoperasikan perangkat IoT menjadi lebih mudah. Kecepatan dan ketepatan perintah serta pengolahan data pada perangkat IoT ini pun akan sangat berpengaruh dengan bantuan teknologi AI.

3. Otomasi

Sistem otomasi memang sudah ada sejak dulu, tetapi kinerja sistem otomasi tanpa AI terbilang masih standar. Bahkan tanpa AI pengolahan data pada sistem tersebut kurang optimal. Dengan sistem AI, pengolahan data jauh lebih baik dan meminimalisir human error.

4. Automated Machine Learning (AML)

AML merupakan salah satu istilah yang akan segera dikenal oleh khalayak. Teknologi AI yang satu ini akan sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang bisnis untuk kebutuhan analisa data. Masalah kompleksitas data yang sering menjadi masalah utama dalam analisa dan pengolahan data akan lebih ringan apabila mendapatkan sentuhan teknologi AML di masa depan.

5. Sistem pengenalan wajah

Anda yang saat ini menggunakan gawai hi-end tentu sudah tidak asing dengan teknologi pengenalan wajah atau face recognition. Saat ini, teknologi ini masih belum maksimal terutama untuk mengenal wajah dengan pencahayaan yang kurang baik. Dengan tambahan dukungan dari teknologi AI yang selalu mengalami pembaruan, tentu pengenalan wajah yang dilakukan oleh sistem ini akan jauh lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly