Return to site

4 Penyebab Tim Anda Mengalami Penurunan Penjualan

Ketahui yang dapat membuat Anda tidak dapat tumbuh

· Tips Sales

Selalu ada sisi negatif dan positif meskipun Anda sudah memiliki tenaga tim sales yang profesional dengan banyak pengalaman. Dimana anggota tim Anda ini bisa saja tidak dapat membukukan closing dalam waktu singkat. Mengapa hal ini terjadi? Jawabannya adalah, karena dalam bisnis selalu ada periode penurunan atau pelemahan pasar yang sudah pasti akan dirasakan oleh semua pelaku bisnis.

Tapi, ketika bisnis berada pada kondisi yang melemah harus diatasi dengan peningkatan kinerja tim. Supaya penurunan penjualan yang dilakukan oleh tim sales tidak berlangsung lebih lama. Berikut adalah empat kesalahan umum yang dilakukan oleh tim sales dan dapat menjadi salah satu penyebab penurunan penjualan.

1. Tidak memiliki keterampilan untuk beradaptasi dengan kondisi pasar

Seorang tim sales profesional selalu meluangkan waktunya untuk mengasah kemampuan penjualannya. Mereka sering kali ikut seminar serta melatih diri mereka dengan mencari influencer. Ada juga yang memang memiliki gen salespeople atau bakat sales alami yang mereka miliki. Jika salah satu anggota tim tidak memiliki kemampuan tersebut, yang perlu anda lakukan adalah mencoba mengarahkan mereka agar bisa memiliki keterampilan sebagaimana yang dimiliki oleh salespeople lainnya.

2. Meremehkan kehadiran teknologi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan

Jika dulu penjualan tidak berhubungan dengan teknologi, berbeda lagi pada era digital seperti saat ini. Tim penjualan sudah harus memanfaatkan teknologi untuk menumbuhkan dan mengidentifikasi prospek. Sangat penting bagi seorang sales atau marketing menggunakan platform seperti CRM baik konvensional maupun Cloud Based CRM.

3. Tidak menyadari tengah melakukan cara yang salah dalam pendekatan

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh seorang salespeople ialah ketika ia tidak sadar bahwasannya melakukan kesalahan dalam pendekatan dengan prospek maupun pelanggan. Para ahli mengatakan bahwa seorang sales yang ahli adalah seorang sales yang mampu memecahkan masalah bagi pelanggannya. Jika seorang sales mampu mendekati dengan memberikan solusi kepada prospek penjualan pun bukan lagi hal yang mustahil closing bisa segera tercapai. Untuk itu, sales sudah seharusnya mampu menganalisa performarnya sendiri serta memahami setiap kesalahan yang ia lakukan selama melakukan pendekatan.

4. Kurang memperhatikan lead yang didapat

Ketika pelaku bisnis berasumsi bahwa seorang marketing yang baik adalah yang mampu menemukan banyak lead untuk perusahaan. Sedangkan seorang sales yang baik adalah mereka yang bisa menjual produk kepada semua lead. Ternyata pola pikir seperti itu merupakan pola pikir yang salah. Banyak lead akan menimbulkan pertanyaan, bagaimana jika banyaknya lead yang dimiliki tidak melakukan pembelian sama sekali? Bukankah Itu mengindikasikan bahwa lead yang dimiliki bukanlah lead berkualitas. Menjual kepada semua lead pun bukan berarti sukses, jika pada akhirnya banyak lead yang menyusahkan perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan penjualan, kumpulkanlah lead yang memiliki kualitas tinggi dengan memanfaatkan alat pendukung seperti CRM. Sehingga tim mampu mengambil keputusan dan tindakan yang tepat.

Itulah alasan-alasan yang membuat tim sales bekerja dibawah performa. Dengan tips ini semoga tim sales Anda memiliki motivasi untuk bekerja lebih baik. Sebagai penutup dari kami, ada satu quotes yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly