Return to site

4 Strategi Untuk Persiapan Presentasi Yang Baik

Memperbaiki hasil presentasi untuk meningkatkan penjualan

· Tips Presentasi

Ketika proses pendekatan yang Anda lakukan dengan prospek semakin menunjukkan hasil positif. Proses selanjutnya adalah bagaimana Anda memberikan informasi lebih jauh tentang produk/layanan yang Anda miliki melalui presentasi. Dengan presentasi yang efektif, Anda dapat semakin mendekatkan diri Anda untuk menjadi orang yang dipercaya prospek. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mempersiapkan dan mengoptimalkan presentasi. Berikut kami berikan tips untuk presentasi bisnis yang efektif agar peluang penjualan Anda lebih besar.

 

1. Kenali orang yang akan Anda temui untuk presentasi

Setiap prospek memiliki perbedaan dan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui setidaknya sedikit informasi tentang prospek Anda untuk memikirkan ide bagaimana Anda mempresentasikan produk/layanan guna mendekatkan dengan kesepakatan penjualan.

 

Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kepribadian klien Anda. Semakin mengenal siapa audiens/prospek yang hadir untuk mendapatkan presentasi Anda, maka semakin baik pula persiapan yang akan Anda buat.

 

2. Presentasikan dengan cara yang sederhana

Presentasi yang ideal adalah presentasi yang mampu menyampaikan maksud secara ringkas dan sederhana serta mampu menarik perhatian audiens dari awal sampai akhir. Visualisasi presentasi itu sangat penting dan perlu Anda perhatikan sebaik mungkin.

 

3. Memperlihatkan rasa percaya diri di depan calon audiens

Selain dari bahan presentasi yang berkualitas, Anda juga harus percaya diri dengan apa yang Anda bawa saat ini. Seperti percaya diri bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk prospek maupun percaya diri bahwa produk Anda adalah solusi untuk prospek. 

 

4. Persiapan-persiapan untuk menghadapi kejadian khusus yang tidak diharapkan

Setiap presentasi bisa saja menghadapi suatu kendala. Seperti, data yang kurang akurat atau slide yang salah tempat. Ketika Anda mengalami kondisi seperti ini, tetap tenang dan jangan panik. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi kondisi tersebut dengan baik sebelum berangkat. Khusus kesalahan slide, ada baiknya Anda harus benar-benar memperhatikan slide sehari sebelum presentasi. Karena, kesalahan slide seperti ini dapat menjadi kesalahan paling fatal dalam presentasi Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK