Return to site

5 Cara Meningkatkan Penjualan B2B

Strategi dalam menjalankan bisnis B2B

· Tips Sales

Menghadapi persaingan bisnis B2B, sales leader tidak harus takut dengan keadaan. Yang harus dilakukan adalah memperbaiki kemampuan dari tim sales, menciptakan strategi yang efektif, riset pasar, implementasi teknologi sales dan lain sebagainya. Selain itu, untuk mencapai kesuksesan, Anda harus mengerti bagaimana cara kerja dari pekerja B2B modern serta menciptakan strategi penjualan yang benar-benar siap untuk diaplikasikan menghadapi tantangan tersebut. Apa saja strategi yang dapat Anda terapkan? Berikut daftarnya:

1. Fokus pada hasil

Dalam bisnis, bukan hanya produk dan pasar yang harus mendapat perhatian dari sales. Tetapi, hasil dari penjualan juga harus menjadi perhatian. Seperti, apakah penjualan ini menciptakan kauntungan yang maksimal untuk perusahaan atau lebih banyak keuntungan yang harus dipotong karena sering memberikan diskon untuk pembeli.

2. Jangan mempermasalahkan harga

Terkadang dalam menentukan harga suatu produk akan terjadi perbedaan yang cukup signifikan di pihak internal perusahaan. Berhentilah menjadikan harga sebagai masalah bagi perusahaan. Jika memang Anda mampu memberikan komitmen untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memiliki kualitas yang baik, harga bukanlah masalah bagi pelanggan. Semua kembali pada bagaimana Anda menjaga kualitas dari produk dan layanan Anda sendiri dibandingkan mempermasalahkan penentuan harga.

3. Jangan hanya memikirkan menjual, tapi berikan lebih untuk pelanggan

Menjual memang penting, tetapi jangan jadikan menjual sebagai bagian utama. Jika Anda ingin menjual lebih banyak, maka Anda juga harus bisa memberikan nilai lebih untuk pelanggan. Jadikan kemampuan melayani yang dimiliki oleh tim sales untuk membuat semua pelanggan merasa nyaman dan mendapat perhatian. Semakin puas mereka, penjualan pun akan terus datang tanpa harus Anda minta.

4. Jadikan riset sebagai prioritas utama tim sales

Riset akan membentuk sebuah wadah penting bagi tim sales untuk menyusun strategi dan menemukan target yang tepat dalam penjualan. Jika Anda tidak melakukan riset sebagai prioritas, tentu data-data yang Anda miliki juga akan menjadi data basi yang tidak dapat dijadikan patokan dalam menentukan strategi. Alasannya, perubahan pasar dan minat pelanggan yang sudah berubah, tetapi tidak diimbangi dengan data terbaru yang dimiliki tim sales.

5. Mengenal tingkat kompetisi Anda

Untuk strategi jangka panjang, tentu Anda harus bisa memantau perkembangan kompetisi bisnis di hadapan Anda. Tim sales harus bekerja keras dan memastikan diri bahwa Anda berada dua langkah di depan kompetitor-kompetitor yang Anda anggap berpotensi mengambil alih posisi Anda saat ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK