Return to site

Agility Dari Salesperson Yang Sering Dilupakan

Potensi yang harus Anda miliki dalam berkompetisi

· Motivasi

Apakah Anda pernah berpikir untuk menjadi salesperson yang lebih gesit dalam bekerja? Apakah Anda memasukkan “agility” dalam salah satu keunggulan kompetitif untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik daripada kompetitor? Ini merupakan pertanyaan yang sangat sederhana bukan? Tapi, mampukah Anda menjawabnya dengan melihat kondisi yang sebenarnya yang terjadi pada diri Anda saat ini?

Kelincahan, ketangkasan, gesit, kecerdikan atau yang akan kami rangkum dalam satu kata “agility”, merupakan salah satu keunggulan yang sering dilupakan oleh salesperson ketika ia mulai berkompetisi. Ia tidak menilai suatu pekerjaan berdasarkan kemampuan dalam dirinya, tetapi terlalu fokus dengan apa yang terjadi di luar. Padahal, sales yang sukses adalah mereka yang mampu menilai dan memiliki kemampuan untuk memutuskan bagaimana melanjutkan proses penjualan dengan kondisi apapun.

Beradaptasi dengan cepat adalah bagian dari agility

Kemampuan dari seorang salesperson untuk beradaptasi dengan cepat adalah salah satu bagian dari permainan penjualan yang ada saat ini. Semua salesperson akan melakukan pekerjaan yang sama yaitu untuk menciptakan peluang yang menghasilkan penjualan. Jika cara yang dilakukan tetap sama, tentu sulit bagi salesperson untuk menghasilkan penjualan. Untuk itu, diperlukan agility dari seorang sales untuk bisa membuat perubahan dan berinovasi dengan cepat. Jika arah dalam strategi bisnis dan penjualan tidak tepat, tim dan Anda sebagai salesperson mungkin tahu bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi kondisi tersebut.

Bersiap untuk setiap perubahan

Kita semua tahu, pasar akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dari tradisional menjadi digital, dari yang fokus pada produk menjadi fokus pada nilai, tetapi isinya akan tetap sama yaitu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pasar. Jadi, Anda sebagai sales harus memiliki manajemen proses yang lebih strategis untuk mencapai hal tersebut. Anda harus siap untuk melakukan perubahan-perubahan perencanaan jika memang diperlukan. Meskipun Anda harus membuat persiapan jangka panjang, ini tetap saja perubahan yang sangat diperlukan untuk mencapai masa depan penjualan ke arah yang lebih baik. Bisnis bukan tentang mengubah strategi saja, tetapi ini mengubah taktik untuk menjalankan strategi yang sengaja disesuaikan untuk mengubah kondisi perusahaan. Ini merupakan kemampuan yang masih sangat jarang diperhatikan oleh salesperson.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly