Return to site

Aturan-Aturan Meeting Agar Tim Tetap Produktif

Jangan jadikan meeting sebagai penyebab menurunnya produktivitas tim Anda

· Leadership

Meeting bersama tim sales dan marketing bisa kita lakukan dalam beberapa kali dalam sepekan. Tetapi, dari sekian banyak meeting yang telah dilakukan, sering kali tidak dapat meningkatkan produktivitas tim. Mereka hanya ikut berpartisipasi pada meeting, namun mereka tidak menunjukkan hasil yang baik sebagai hasilnya.

 

Bagaimana agar meeting yang dilakukan dengan tim Anda dapat meningkatkan produktivitas mereka? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda terapkan dalam meeting Anda!

 

1. Memiliki tujuan atau target

Jika Anda meginginkan tim sales maupun marketing lebih produktif, Anda harus menentukan target yang ingin Anda capai dalam meeting tersebut. Selain memikirkan strategi, Anda juga perlu menentukan goal yang harus dicapai oleh tim Anda. Untuk apa meeting dan menentukan strategi tetapi Anda belum memiliki target yang harus dicapai oleh tim.

 

2. Pilihlah orang-orang yang tepat

Sama seperti saat Anda meeting dengan prospek, Anda harus memastikan orang yang akan Anda ajak meeting adalah orang yang tepat. Begitu juga saat Anda akan meeting dengan tim Anda. Pilihlah orang-orang yang akan ingin Anda ajak untuk meeting sesuai kebutuhan. Contoh, jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda dapat mengundang semua tim sales Anda. Untuk pelatihan, Anda dapat mengundang tim yang masih belum memiliki keterampilan lebih. Bedakanlah kebutuhan-kebutuhan meeting Anda agar tidak mengganggu produktivitas tim lain yang tidak berhubungan dengan titik masalah yang akan dibahas dalam meeting.

 

3. Memiliki persiapan

Sering kali meeting dilakukan tanpa persiapan, sehingga meeting yang dilakukan pun tidak menemukan solusi apapun. Ingat, tujuan meeting adalah untuk mencari solusi bukan hanya untuk ajang mengumpulkan tim tanpa persiapan yang jelas dan tidak memiliki tujuan. Semakin sering Anda meeting dengan cara seperti ini, semakin banyak waktu yang Anda dan tim Anda buang.

 

4. Fokus

Saat meeting berlangsung, Anda harus fokus pada titik utama dalam meeting Anda. Jangan mengubah topik saat meeting berlangsung. Sebagai contoh, awalnya Anda ingin membicarakan penjualan dengan tim Anda, maka jangan Anda alihkan dengan topik-topik lain. Fokuslah pada satu topik tersebut agar tim Anda juga fokus dalam mendengarkan arahan-arahan Anda.

 

5. Memiliki agenda

Masih berhubungan dengan poin #3, selain memiliki persiapan Anda juga harus memastikan agenda meeting Anda. Dalam agenda ini dapat Anda share topik-topik yang akan Anda bahas pada meeting-meeting yang akan datang. Anda juga dapat memastikan jam meeting yang tidak mengganggu pekerjaan tim sales, baik waktu kapan meeting dilakukan maupun durasi.

 

Meeting adalah untuk meningkatkan produktivitas tim Anda. Jika Anda tidak dapat memenuhi semua poin-poin yang telah kami sebutkan, bagaimana Anda dapat membawa tim Anda lebih produktif? Untuk apa meeting jika tidak dapat membawa nilai kepada tim-tim Anda? Sebagai tambahan, Anda juga dapat membaca artikel kami lainnya bagaimana menciptakan meeting yang sukses.

Ilustrasi (c) Pexels.com