Return to site

Bagaimana Efisiensi & Efektivitas Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Hal yang perlu dihindari dan harus dilakukan agar bisa efektif

Bagaimana Efisiensi & Efektivitas Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Perusahaan dengan jumlah penjualan yang tinggi atau bisa dibilang sukses tentu tahu bahwa produktivitas adalah tentang efisiensi dan efektivitas. Mereka juga menyadari bahwa teknologi dan pemberdayaan penjualan seperti CRM, Social Media dan lain sebagainya adalah merupakan salah satu bagian untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam mencapai produktivitas. Sehingga tim pemasaran dapat menciptakan penjualan dengan kualitas yang lebih baik lagi, memperpendek siklus penjualan dan memastikan tim sales dapat berlatih dengan cepat untuk mencapai target.

 

Untuk perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas dalam meningkatkan penjualan ada beberapa tantangan utama yang bukan hanya harus dihadapi tapi juga perlu disertai dengan solusi nyata. Tantangan-tantangan tersebut diantaranya adalah:

  • Mengurangi waktu untuk closing transaksi pertama untuk pelanggan baru
  • Pengulangan penjualan baru
  • Memperpendek siklus penjualan
  • Meningkatkan presentase dari kuota penjualan baru

 

Sedangkan perusahaan lebih banyak yang cenderung lebih memilih untuk mengidentifikasi pasar yang padahal belum memiliki dampak jelas untuk penjualan. Jika empat tantangan diatas masih belum mendapatkan solusi, bagaimana tim Anda akan bekerja lebih produktif? Kami ambil contoh untuk tantangan pertama, jika proses negosiasi dengan prospek berjalan cukup panjang, bagaimana mereka akan mengerjakan tugas lain atau bisa negosiasi dengan pelanggan lain? Disaat kompetitor sudah bernegosiasi dengan banyak prospek karena proses yang lebih sederhana, perusahaan Anda masih jalan ditempat karena tim sales Anda hanya mengurus negosiasi dengan satu prospek.

 

Hal penting yang harus dicapai oleh perusahaan untuk menyelasaikan empat tantangan tersebut ialah kerjasama antara tim sales dengan tim marketing. Karena dengan kerja sama ini mereka akan terdorong untuk bekerja dengan efisien dan efektif. Yang artinya, tidak ada upaya untuk bersaing dalam tubuh tim sales dan tim marketing  internal Anda untuk mencari perhatian pimpinan perusahaan.

 

Sering kali kami menyebutkan bahwa dalam bekerja sama, tim Anda harus memiliki data yang terpusat untuk memudahkan tim Anda bekerja. Tim sales maupun marketing tidak akan bisa bekerja dengan baik jika mereka tidak saling percaya.

 

Bagi perusahaan yang memiliki metodologi yang kuat dan juga konsisten, teknologi adalah merupakan alat wajib yang harus dimiliki. Tujuannya adalah untuk membantu mengulangi penjualan, melatih dan melakukan persiapan penjualan lebih cepat. Menemukan konten yang tepat yang dapat dikomunikasikan dengan baik kepada pelanggan ataupun prospek.

 

Produktivitas tim yang Anda miliki tidak tumbuh dengan sendirinya, tapi produktivitas mereka tumbuh berkat adanya alat yang memudahkan mereka dalam bekerja. Kami pernah membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas tim sales yang mungkin dapat Anda terapkan. Sebagai tambahan, kami juga telah memberikan tips bagaimana menyederhanakan kinerja tim sales yang mana kedua artikel ini adalah untuk efisiensi dan efektivitas kinerja tim yang Anda miliki agar bisa meningkatkan penjualan.

 

Ikuti terus blog kami caranya dengan subscribe email Anda atau bisa juga membookmark blog ini. Anda juga dapat meninggalkan komentar untuk berbagi pengalaman dengan pembaca lainnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com