Return to site

Tips Memotivasi Dalam Penjualan #5: ‘Fokus Pada Waktu Yang Anda Miliki’

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi penjualan

Tips Memotivasi Dalam Penjualan #5: ‘Fokus Pada Waktu Yang Anda Miliki’

Kami telah menjelaskan poin 1 – 4 untuk 6 cara memotivasi diri agar bisa meningkatkan penjualan pada artikel-artikel sebelumnya.  Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan lebih detail lagi kepada Anda untuk poin yang kelima yang isinya “Fokus pada waktu yang Anda miliki”.

Fokus adalah kunci kesuksesan semua tindakan yang Anda lakukan. Tidak ada pekerjaan yang bisa selesai dengan cepat jika tidak disertai dengan fokus. Contoh paling sederhana ialah ketika Anda makan, Anda tidak bisa menyelesaikan makan dengan cepat jika disertai aktivitas lain seperti menelpon, nonton TV atau main game. Yang Ada mungkin Anda akan tergesa-gesa karena Anda telah menghabiskan waktu makan yang sudah terlalu lama.

Dalam melakukan penjualan, fokus adalah merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar lagi. Jika Anda ingin membukukan penjualan yang lebih baik, maka jangan biarkan aktivitas Anda lebih tinggi daripada prioritas yang dimiliki. Anda hanya memiliki waktu 24 jam setiap harinya. Dalam waktu 24 jam tersebut Anda hanya memiliki waktu 8 jam  untuk bisa membukukan penjualan setiap hari. Jadi jangan sampai apa yang bukan prioritas mengganggu waktu Anda untuk bisa menjual lebih banyak lagi.

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa Fokus Anda adalah tetap fokus dengan apa yang sudah di fokuskan. Mengapa demikian? Setiap kita fokus pada pekerjaan tentu ada masalah-masalah internal dan external yang datang menghantui kita. Sebagai contoh masalah eksternal ialah isu, orang lain dan juga hal lain yang dapat memecah fokus Anda.

Sedangkan masalah internal yang harus Anda hadapi diantaranya adalah ide, imajinasi maupun pikiran pribadi Anda. Kedua masalah ini tentu sangat berpengaruh pada banyak waktu dan jadwal yang bisa mengubah fokus Anda dan apa yang akan dikerjakan selanjutnya.

Tetap fokus penjualan ketika menghadapi prospek

Mencari prospek merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit bagi seorang salespeople, karena seorang salespeople harus memiliki kemampuan yang baik agar dalam melakukan pendekatan dengan prospek ini tidak memakan waktu yang terlalu panjang.

Meskipun Anda berhubungan dengan seorang prospek, Anda jangan pernah melupakan fokus Anda untuk membukukan penjualan. Seperti yang kami sebutkan dalam banyak artikel sebelumnya, bahwa prospek bisa berakhir dengan pembelian bisa juga berakhir dengan membuang waktu yang cukup panjang.

Berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa terus mengingat fokus Anda ketika Anda sedang bersama prospek.

1. Menentukan waktu yang lebih spesifik setiap hari untuk mengerjakan tugas

2. Melakukan pekerjaan yang paling sulit menurut Anda pada pagi hari sehingga Anda bisa lebih relax untuk tugas selanjutnya.

3. Menentukan goal yang paling besar sebelum menentukan goal yang lebih kecil sehingga Anda bisa meraih goal yang lebih besar terlebih dahulu.

Ilustrasi (c) Unsplash.com