Return to site

Cara Bijak Menghadapi Tim Sales Yang Sering Tidak Mengikuti Intruksi

Punya tim yang tidak bekerja sesuai SOP? Coba selesaikan dengan cara ini!

· Leadership

Memiliki tim yang sering bekerja diluar SOP atau intruksi yang diberikan oleh perusahaan? Tetap tenang, dan jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan untuk mengakhiri kerja sama dengan sales tersebut. Ingat, semakin banyak tim yang bekerja tidak sesuai intruksi belum tentu ia akan gagal. Jadi, Anda harus benar-benar fokus pada hasil yang diraih bukan hanya sekedar fokus pada SOP saja. Lalu, bagaimana menghadapi tim sales yang tidak dapat bekerja sesuai intruksi maupun SOP? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan.

1. Pantau proses yang dilakukan oleh tim

SOP sejatinya memang harus diikuti untuk menjamin kelancaran proses pendekatan dengan prospek. Namun, Anda juga tidak boleh memaksakan tim bekerja sesuai SOP jika ternyata sales mempunyai cara yang lebih efisien. Untuk itu, terus pantau proses yang tidak sesuai SOP ini, untuk Anda pastikan bahwa hasil yang dicapai memang lebih baik.

2. Memberi masukan kepada tim jika tidak sesuai dan tidak menghasilkan

Jika ada tim yang memaksa untuk bekerja di luar SOP yang ada, berikan ia masukan mengapa harus mengikuti SOP. Jangan sampai cara yang dilakukan oleh tim yang di luar SOP ini justru membuat perusahaan semakin terpuruk. Jika hal seperti ini yang didapatkan, wajib bagi Anda sebagai leader untuk memberikan teguran atau sanksi jika ia mempertahankan cara yang tidak efektif dan efisien tersebut.

3. Meminta masukan kepada semua tim untuk menciptakan SOP yang sesuai dan efisien

SOP yang dibuat tanpa survei di lapangan, tentu akan terjadi banyak kesalahan dan kekurangan. Jika banyak tim yang justru lebih nyaman bekerja di luar SOP, maka Anda perlu meminta masukan dari tim Anda untuk membuat SOP baru yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan tim. Dengan SOP baru yang disesuaikan dengan kebiasaan tim tersebut, besar kemungkinan tim Anda akan bekerja lebih efektif dan efesien dalam menghasilkan penjualan.

Itulah cara bijak untuk menghadapi tim yang sering bekerja di luar SOP perusahaan. Semoga tips ini dapat membantu Anda menciptakan SOP yang lebih friendly untuk tim dan menghasilkan penjualan yang lebih besar bagi perusahaan. Ada tips lain yang ingin Anda tambahkan? Silakan tinggalkan tips Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com