Return to site

Cara Mempertahankan Nilai Produk Untuk Pelanggan

Jawab pertanyaan ini untuk menemukan solusinya!

· Tips Sales

Anda ingin mengetahui sejauh mana proporsi penilaian prospek terhadap produk agar segera mendapatkan tindakan dari mereka? Cobalah untuk mulai melakukan uji coba internal yang dilakukan oleh tim sales dengan mencari jawaban dari beberapa pertanyaan berikut ini!

 

1. Apa yang berbeda dari produk Anda?

Jika Anda ingin mengetahui proporsi nilai dari prospek, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari perbedaan dari produk yang Anda miliki. Memastikan strategi diferensiasi produk adalah hal utama untuk menjamin nilai produk yang ditawarkan memang berbeda dengan kompetitor.

 

2. Seberapa menarik produk Anda?

Jika produk Anda merupakan produk yang sudah umum, tentu tidak begitu menarik bagi prospek. Selain membutuhkan solusi, mereka juga membutuhkan nilai tambah dari diferensiasi produk Anda untuk membawa ketertarikan untuk prospek. Ketika Anda berhasil membuat diferensiasi, ciptakanlah keunikan agar produk Anda memberi daya tarik bagi prospek.

 

3. Sesuaikah produk dengan kebutuhan prospek?

Ketika produk Anda berbeda dan minat prospek sudah mulai muncul, selanjutnya adalah bagaimana cara untuk memastikan produk Anda sesuai dengan kebutuhan prospek. Bagi pelanggan bisnis, perusahaan harus memikirkan produk yang lebih spesifik untuk bisa menarik pelanggan.

 

4. Apakah waktunya tepat?

Sebagus apa pun nilai produk Anda, jika Anda masuk pada waktu yang salah, tentu nilai tersebut tidak lagi penting. Bagaimana waktu berpengaruh pada nilai? Ketika Anda terlalu lama melakukan pendekatan, prospek hanya akan menggali informasi dan menilai produk Anda. Tetapi, dari sisi Anda, tidak ada komitmen yang didapatkan. Sehingga tidak ada tindakan yang akan Anda dapatkan dari prospek.

 

5. Apakah layak dipertahankan?

Nilai yang diberikan oleh prospek tentu akan mengalami perubahan sesuai dengan kemampuan mereka. Jika mereka merasa produk Anda sudah tidak layak untuk mendapatkan nilai seperti saat ia menggunakan pertama kali, mereka dapat dengan mudah melakukan pembelian pada kompetitor.

 

6. Sanggupkah Anda mempertahankan nilai?

Jika poin ke 5 merupakan dari sisi pelanggan, bagaimana Anda melakukan tindakan-tindakan agar produk Anda layak dipertahankan. Jika memang ada hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai, lakukanlah! Karena peningkatan nilai merupakan cara yang tepat untuk menarik minat baru bagi pelanggan.

 

Itulah serangkaian uji coba yang harus Anda lakukan dan harus bisa Anda temukan jawabannya. Apabila Anda berhasil menjawab semua pertanyaan tersebut, artinya Anda sudah sangat siap mempertahankan pasar dan meluaskan pasar tanpa takut pada kompetitor.

Ilustrasi (c) Unsplash.com