Return to site

Cara Mensosialisasikan Perubahan Harga Pada Pelanggan Lama

Cara menaikkan harga produk/layanan, namun pelanggan tetap loyal

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas tentang bagaimana cara menaikkan harga tanpa harus kehilangan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Karena kami tahu bahwa menaikkan harga selalu dikaitkan dengan kekecewaan pelanggan terhadap perusahaan yang dianggap menaikkan harga suatu produk maupun layanan secara sepihak adalah hal yang tidak dapat diterima pelanggan. Namun, jika Anda takut menaikkan harga karena takut kehilangan pelanggan, justru itu menjadi blunder terbesar dalam perjalanan bisnis yang Anda jalankan.

Contoh sederhana, saat bahan baku produk yang Anda miliki mengalami kenaikan, tidak mungkin bagi Anda mengurangi karyawan dan beban lain untuk mengatasi pengeluaran yang tidak seimbang. Kebanyakan dari perusahaan adalah dengan mengurangi penggunaan bahan baku produk demi mencapai keuntungan dengan harga yang sama. Artinya, perusahaan lebih memilih untuk mengurangi kualitas produknya sendiri daripada menjaga kepuasan pelanggan.

Seharusnya, perusahaan lebih memilih menjaga kualitas produk dan menaikkan harga produknya untuk mencegah terjadinya pengeluaran yang tidak seimbang tersebut. Berani menaikkan harga produk, biasanya membuat perusahaan bingung cara untuk mensosialisasikan kenaikan harga tersebut. Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa tips mensosialisasikan harga dengan tepat kepada pelanggan-pelanggan Anda.

1. Sosialisasikan melalui media sosial jauh-jauh hari

Terkadang perusahaan mensosialisasikan kenaikan harga secara mendadak kepada pelanggan-pelanggannya. Padahal, mensosialisasikan dengan cara seperti ini sangat tidak efektif dan memiliki potensi kekecewaan yang sangat besar bagi pelanggan. Oleh karena itu, kabarkan adanya kenaikan harga jauh-jauh hari atau minimal 1 bulan sebelum kenaikan tersebut dilakukan.

2. Sosialisasikan kenaikan harga bersamaan dengan sosialisasi adanya fitur/layanan baru

Fitur baru yang Anda berikan kepada pelanggan akan menjadi nilai lebih yang dapat menghindari kekecewaan berlebihan terhadap layanan/produk Anda. Jika Anda ingin menaikkan harga, umumkan pula kepada mereka bahwa kenaikan harga yang Anda lakukan adalah untuk menunjang bisnis dan efisiensi bagi pelanggan bukan karena untuk keuntungan perusahaan belaka.

3. Memberikan penawaran spesial sebelum menaikkan harga

Beri waktu pada pelanggan Anda untuk menikmati harga lama sebelum mereka membeli produk dengan harga baru. Pilihlah pelanggan-pelanggan yang paling loyal untuk mendapatkan penawaran ini lebih awal. Usahakan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua pelanggan lama yang sudah melakukan pembelian lebih dari 2-3 kali.

Itulah beberapa tips dalam mensosialisasikan perubahan harga yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga dengan tips ini Anda lebih berani dalam memberikan penawaran terbaik kepada pelanggan diiringi dengan kualitas produk/layanan yang lebih baik pula.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly