Return to site

Dasar-Dasar Sebelum Memulai Bisnis

Menjalankan bisnis bukan dari asal jalan!

· Tips Bisnis

Untuk memulai bisnis, Anda tidak boleh melakukannya dengan cara gegabah tanpa membuat perhitungan yang matang. Sebelum Anda benar-benar mulai menjalankan bisnis, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi dasar dalam bisnis dan mengapa Anda harus memperhatikan hal tersebut. Sebagai bahan agar Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menjalankan bisnis, berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Urai kembali ide yang Anda miliki

Semua ide bisnis itu bagus dan ide Anda pun akan menghasilkan penjualan jika sudah mulai dijalankan. Tetapi, ada baiknya Anda harus mengurai ide tersebut agar mendapatkan ide bisnis yang lebih spesifik. Hal ini akan memungkinkan Anda dalam menciptakan produk-produk yang variatif melalui ide yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda memiliki ide untuk membuka bisnis kue, dengan mengurai ide tersebut, Anda dapat menghasilkan ide-ide lain seperti membuat kue kering, kue basah atau kue dengan varian rasa yang unik.

Dengan mengurai ide ini pula, Anda dapat menargetkan pasar yang paling sesuai yang dapat Anda jadikan titik utama penjualan. Seperti keputusan untuk menjual offline saja atau juga siap untuk menawarkan produk secara online dengan menggunakan media sosial atau pun dengan membuat website.

2. Mulai membuat perencanaan bisnis

Setiap pelaku bisnis membutuhkan perencanaan bisnis, ini harus Anda lakukan jauh sebelum Anda menjalankan bisnis itu sendiri. Mengapa harus membuat perencanaan bisnis? Hal ini untuk memastikan bahwa Anda menjalankan bisnis dengan benar dan tidak ada hal yang terlewatkan untuk menunjang pertumbuhan bisnis Anda.

3. Mengelola keuangan

Bagian dasar dan sangat krusial untuk menjaga eksistensi bisnis adalah bagaimana cara Anda mengelola keuangan. Keuangan ibarat sebuah motor dalam bisnis, sedangkan pelanggan adalah bahan bakar untuk motor bisnis Anda. Jika Anda tidak dapat menjaga keuangan selama menjalankan bisnis, tentu Anda akan sulit untuk mencapai target yang diharapkan. Seperti untuk menambah stok bahan/stok dagangan atau bahkan untuk ekspansi bisnis.

4. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Bagaimana cara Anda untuk menjamin kepuasan pelanggan? Apa yang akan Anda lakukan jika pelanggan komplain atau tidak puas dengan produk/layanan yang Anda tawarkan? Ini harus Anda perhatikan jauh sebelum Anda memutuskan untuk mulai menjalankan bisnis. Semakin baik cara Anda dalam mengelola pelanggan-pelanggan yang dimiliki, maka semakin baik pula peluang bisnis Anda untuk berkembang.

Itulah 4 hal yang menjadi dasar bisnis dan perlu Anda ketahui. Semoga dengan tips ini Anda lebih siap dalam menghadapi tantangan baru dalam hidup Anda sebagai entrepreneur. Persiapkan diri Anda dengan mulai mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM) untuk bisnis baru Anda. Dengan menggunakan CRM, Anda dapat mengatur data-data pelanggan dengan lebih mudah yang akan memberikan manfaat jangka panjang untuk hubungan Anda dengan pelanggan. Informasi lebih lanjut silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com