Return to site

Peran Startup Dalam Mendukung Smart City Di Indonesia

Startup Indonesia harus siap mendukung smart city

· Smart City Indonesia

Smart City merupakan konsep yang sudah sangat diharapkan bisa segera diwujudkan di Indonesia. Hanya saja, pemerintah Indonesia juga tidak bisa bekerja sendirian untuk mengejar ketertinggalan dalam implementasi Smart City di Indonesia ini. Dengan banyaknya kota yang tersebar di ribuan pulau, tentu pemerintah akan sangat kesulitan dalam menjalankan smart city dalam tempo singkat. Selain masalah tersebarnya kota lintas pulau, pemerataan ekonomi yang masih agak timpang juga dapat menjadi kendala serius bagi pemerintah.

Meskipun pemerintah kesulitan, bukan berarti penerapan smart city di Indonesia ini mustahil. Karena, pada kenyataannya sudah banyak kota yang menerapkan beberapa bagian dari smart city ini. Mengapa beberapa kota tersebut berhasil menjalankan smart city untuk warganya? Pertama masalah kesiapan infrastruktur serta adanya dukungan dari pihak swasta untuk mulai menjalankan smart city di kota tersebut.

Selain pemerintah dan swasta yang tergolong dalam perusahaan besar, sebenarnya masih ada kesempatan yang sangat besar untuk startup ikut andil dalam pengembangan smart city di seluruh Indonesia. Kita tahu, banyak developer-developer baru yang mengembangkan aplikasi atau layanan yang sangat fenomenal dari dalam negeri. Mereka-mereka ini lah yang dapat memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk bisa mewujudkan smart city secara merata di seluruh Indonesia.

Startup yang memiliki tujuan untuk mengembangkan smart city di Indonesia dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis cloud maupun device untuk menjadi penghubung dengan IoT. Jika kita menilik lebih dalam, banyak mahasiswa dari berbagai unversitas di Indonesia yang sudah mulai mengembangkan berbagai macam aplikasi, robot dan teknologi lainnya yang dapat dihubungkan dengan aplikasi berkonsep smart it.

Startup dapat menggunakan lulusan-lulusan terbaik ini untuk membimbing mereka agar dapat mewujudkan sistem yang dapat disandingkan dengan smart city. Selain itu, startup cenderung dipenuhi oleh tim-tim dengan jiwa muda yang lebih siap untuk membawa perubahan untuk Indonesia. Inilah yang menjadi fondasi penting mengapa startup dapat menjadi pendorong dalam terwujudnya smart city di Indonesia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK