Return to site

Dasar Marketing Yang Perlu Diketahui

4 hal yang harus diperhatikan marketer

· Tips Marketing

Marketing bisa dilakukan oleh siapa pun, baik dari orang biasa hingga orang yang mengejar pendidikan untuk bidang ini. Meskipun demikian, tidak semua marketing yang mereka lakukan dapat berujung pada kesuksesan. Artinya, kesuksesan marketing bergantung pada dasar-dasar atau elemen penting yang terdapat di dalamnya. Dimana saat Anda memasarkan produk harus memperhatikan elemen penting tersebut.

 

Untuk memudahkan Anda dalam membuat strategi marketing yang baik, berikut kuncinya untuk Anda.

 

1. Menunjukkan proses terlahirnya produk

Ada masa dimana seorang audiens merasa penasaran terhadap suatu proses penciptaan suatu produk. Ketika Anda ingin memasarkan produk baru pertama kali, sangat dianjurkan untuk memuat proses tersebut sebagai informasi tambahan untuk audiens. Contoh ini sudah sangat sering kita temukan di berbagai macam video iklan yang ditayangkan di TV atau melalui iklan video social media. Meskipun terkesan tidak penting, bagian ini adalah elemen dasar dari marketing yang harus ada untuk produk baru.

 

2. Perhatikan konten

Anda tidak harus memilih bintang iklan ternama sebagai penarik perhatian audiens. Yang harus Anda perhatikan adalah konten iklan Anda yang mampu menarik perhatian audiens. Jika kami ambil contoh, iklan rokok yang sering kita lihat di TV sama sekali tidak memiliki hubungan dengan produk. Meskipun demikian, sering kali konten iklan rokok menjadi tren dikalangan audiens. Itulah yang dimaksud dengan konten iklan yang berkualitas.

 

3. Pesan yang terkoordinasi

Terkadang kita melihat iklan dengan pesan yang tidak jelas dan tidak dapat dipahami dengan cepat oleh pelanggan. Alih-alih ingin membuat audiens penasaran justru tidak dapat diterima. Hasilnya tidak ada orang yang tertarik untuk melihat iklan produk tersebut.

 

4. Membangun merek

Iklan merupakan awal bagi perusahaan untuk membangun merek yang mereka miliki. Ketika perusahaan tidak dapat membangun merek dari awal, akan lebih lama bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

 

Itulah 4 dasar dalam marketing yang harus Anda perhatikan untuk mengembangkan kesuksesan marketing produk Anda. Jika Anda memasarkan produk dan tidak memperhatikan 1 dari 4 elemen dasar yang kami sebutkan, apakah iklan akan berhasil? Jika iya, apa yang akan Anda lakukan? Silakan tinggalkan jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com