Return to site

Faktor-Faktor Yang Membuat Sales Gagal

Kenali apa yang membuat Anda gagal dan cari solusinya!

· Tips Sales

Semua sales paham betul, betapa sulit untuk mencapai penjualan dari hasil usaha sendiri. Mereka menghabiskan waktu untuk kesana-kemari bertemu dengan prospek, menghabiskan waktu yang panjang dalam proses penjualan, tetapi ia tidak pernah tahu apa yang akan ia dapatkan di ujung negosiasi. Tak sedikit dari mereka yang gagal memepertahankan proses karena beberapa kesalahan berikut ini:

1. Follow up yang tidak maksimal

Salesperson terkadang kurang sabar dalam menjaga komunikasi dengan prospek. Prospek yang tidak memberikan jawaban, sales enggan melakukan follow-up. Sebagian lagi, mereka hanya mem-follow up antara 2-4 kali, dari beberapa percobaan tersebut, ia lantas menyerah.  Padahal, prospek biasanya melakukan pembelian pada follow-up kelima hingga ketujuh.

2. Memiliki tim marketing tapi tidak diajak bekerja sama dengan maksimal

Sering kali tim marketing dan tim sales bekerja seperti lawan bersaing dalam perusahaan. Tim sales lupa bahwa pekerjaan mereka bergantung pada keberhasilan tim marketing. Mereka yang melakukan penjualan merasa keberhasilan mereka adalah berkat tim sales dan tidak ada bantuan dari tim marketing. Padahal cara berpikir tersebut sangat salah. Tim sales harus bersatu dengan tim marketing untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik.

3. Kurangnya pembahasan yang untuk mengarahkan prospek pada kesepakatan

Kegagalan seorang sales adalah terlalu berpikir panjang atau salah perhitungan saat ingin menutup kesepakatan. Ia menunda-nunda kesempatan untuk closing  karena merasa waktunya tidak tepat. Keterlambatan seperti ini akan menggagalkan potensi penjualan yang sebenarnya sudah berada di dekat tim sales.

4. Terlambat dalam menawarkan produk

Kegagalan penjualan lainnya terjadi karena tim marketing atau sales yang menawarkan produk di waktu yang tidak tepat. Ia terlambat masuk untuk menawarkan produk, sedangkan kompetitor sudah melakukan pendekatan. 

Itulah empat alasan mengapa tim sales gagal melakukan penjualan yang dapat kami berikan untuk Anda. Kami menyarankan kepada untuk tidak takut dalam menawarkan produk, bekerja sama dengan tim marketing dan tidak berkecil hati saat tidak ada respon dari prospek saat melakukan beberapa kali follow-up.

Yakinkan diri Anda untuk menutup penjualan dengan cepat serta memanfaatkan segala peluang yang didapatkan. Karena kegagalan berawal dari keragu-raguan dan tidak adanya kerjasama tim yang baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK