Return to site

Tugas-Tugas Ini Harus Dikuasai Oleh Sales

Apa saja yang harus dilakukan sales agar sukses menjual?

· Tips Sales

Setiap usaha penjualan adalah tanggung jawab semua orang. Akan tetapi, kegiatan sales merupakan tugas utama yang harus dikuasai oleh sales dan marketing. Sales memiliki tanggung jawab penuh atas penjualan produk sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika dari sisi sales dan marketing lemah, maka penjualan akan lemah. Jika sales dan marketing produktif, karir secara pribadi baik kondisi perusahaan pun juga akan baik. Maka dari itu, sebagai sales, Anda harus memahi apapun tugas yang harus dikuasai oleh sales berikut ini.

1. Aktif dalam mencari target pelanggan yang ideal

Pangsa pasar memiliki perubahan yang berbeda-beda, tetapi ada satu hal yang tidak akan merubah kondisi tersebut. Di mana, kondisi ini adalah banyaknya pelangga ideal yang berhasil Anda bawa. Untuk itu, Anda sebagai sales harus selalu aktif dalam mencari target pelanggan yang ideal. Kenali secara singkat seperti apa pelanggan loyal yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Selektif dalam memilih pelanggan ideal ini akan memiliki peran penting terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan di masa depan.

2. Merekap, menyusun serta memperbaiki data penjualan dan pelanggan

Data yang Anda dapatkan dalam setiap proses penjualan harus Anda rekap, disusun dan selalu diperbaiki ketika ada data yang ditemukan tidak sesuai. Anda juga harus melakukan hal serupa terhadap data pelanggan-pelanggan Anda. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini juga diperlukan kerja sama tim yang baik. Aplikasi CRM menjadi alat yang dapat membantu Anda dalam mengelola semua data-data penjualan dan pelanggan. Kolaborasi antar tim pun juga lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini.

3. Selalu menjaga kepuasan pelanggan yang dimiliki

Kepuasan, kenyamanan dan loyalitas pelanggan adalah tugas dari sales. Jika Anda tidak mampu mempertahankan poin-poin ini, maka tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak pelanggan yang pergi dari perusahaan Anda. Perlu Anda ketahui, kekecewaan satu orang pelanggan itu sama dengan mewakili kekecewaan pelanggan lainnya. Kebanyakan, akibat kekecewaan salah satu pelanggan, ia akan mencegah orang-orang di jaringannya untuk melakukan pembelian di tempat Anda.

4. Menyusun strategi penjualan

Setiap tahun perusahaan tentu merumuskan strategi-strategi penjualan yang sebisa mungkin harus bisa dicapai oleh sales. Namun, strategi tersebut adalah strategi utama yang harus dijalani oleh sales. Bagi sales sendiri, selain menjalankan strategi sesuai arahan perusahaan, sales juga harus menyusun strategi untuk penjualan yang ditujukan untuk dirinya sendiri. Sehingga, sales dapat bekerja lebih efektif dan lebih produktif.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK