Return to site

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Mendapatkan Prospek Ideal

Menjaga potensi dari pelanggan ideal dengan hal ini

· Tips Sales

Salesperson harus bisa ‘bermain’ untuk mengetahui profil prospek ideal yang akan ia hadapi. Meskipun terdengar seperti tidak berhubungan, memahami profil prospek ideal dan mencari informasi sedetail mungkin merupakan tindakan yang bukan hanya sekedar untuk mengetahui karakter mereka. Tetapi ini sebagai paduan penting bagi salesperson untuk mengidentifikasi dan menemukan klien terbaik.

Tim sales dapat menggunakan profil pelanggan ideal untuk membangun strategi tertarget, memahami dan melibatkan prospek. Ini juga untuk membangun strategi penjualan yang mencakup lokasi, jenis pekerjaan, perilaku prospek di media online dan lain sebagainya. Dengan penguasaan ini, Anda dapat menargetkan kampanye untuk menjangkau prospek yang relevan.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh sales ketika mendapatkan prospek ideal?

Anda sudah menemukan pelanggan potensial dan sangat ideal untuk perusahaan. Ini yang harus Anda lakukan:

1. Meningkatkan retensi pelanggan tersebut dengan baik

Jadikan retensi pembelian sebagai metrik utama saat sales menjaring prospek. Jangan hanya memfokuskan pada penjualan awal tetapi tidak ada potensi dimasa depan. Retensi adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh sales. Karena, dari retensi ini perusahaan dapat menghasilkan penjualan secara berkesinambungan.

2. Membedakan scoring prospek

Menguasai perbedaan prospek biasa dan seorang prospek ideal dapat mendukung tujuan Anda dalam meningkatkan kualitas penjualan dan konversi pelanggan yang efektif. Karena dengan ini Anda dapat mencari tahu kualitas pelanggan, volume penjualan, loyalitas atau metrik lainnya. Mengidentifikasi pelanggan terbaik akan memungkinkan Anda mendedikasikan sumber penjualan terbaik dari pelanggan Anda. Yang artinya Anda dapat menjaga dalam melestarikan sebagian pendapatan perusahaan.

3. Memilih prospek prioritas

Begitu Anda memiliki daftar prospek prioritas, Anda dapat menyusun strategi untuk mempertahankan mereka. Anda sudah memiliki fondasi yang sangat kuat untuk menumbuhkan pendapatan perusahaan dengan penjualan dalam perspektif yang lebih ahli. Artinya, setiap pelanggan yang Anda miliki akan menjadi pelanggan loyal berkat pemahaman Anda terhadap pelanggan yang telah Anda bangun sejak ia menjadi prospek.

4. Memaksimalkan potensi dari prospek

 Untuk mengetahui bagaimana cara Anda untuk memaksimalkan potensi yang akan didapatkan dari prospek ini adalah dengan menyimpan semua data pelanggan. Anda dapat menjalin hubungan dengan baik dari awal dan mempersiapkan pembangunan fondasi Anda dengan menyimpan data prospek pada tempat terpusat.

Kami tidak memaksakan Anda untuk menggunakan CRM karena kami yakin setiap perusahaan memiliki sistem sendiri bagaimana untuk menyimpan data mereka. Akan tetapi, jika Anda ingin menyimpan data prospek yang lebih efisien, maka Anda harus mulai menerapkan CRM. Anda dapat memilih, Cloud Based CRM sebagai tempat terbaik Anda dalam menyimpan data dan pembaruan data secara realtime untuk semua device.

Ilustrasi (c) Unsplash.com