Return to site

Haruskah Sales Representatif Takut Dengan Kehadiran AI?

A.I dalam sales, bagaimana cara menghadapi?

December 21, 2017

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) atau yang juga dikenal dengan AI seperti menjadi teknologi menakutkan bagi semua pekerja termasuk sales. Banyak yang takut kehilangan pekerjaan dengan kehadiran teknologi ini. Alasannya adalah AI dapat memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan manusia dalam hal pengolahan data.

 

Padahal, kehadiran AI tidak harus ditakuti oleh tim sales, karena efek yang diberikan oleh teknologi ini justru akan sangat membantu pekerjaan mereka. Bagaimanapun juga, AI tidak akan bisa bekerja tanpa adanya ikut campur manusia yang mengoperasikannya. Sedangkan manusia tidak akan mampu bekerja lebih efisien jika tidak dapat mengelola data dengan baik.

 

Bagi perusahaan yang ingin menggunakan AI untuk membantu penjualan, sangat diharuskan memiliki program yang lebih terstruktur untuk mengkombinasikan pemikiran manusia dengan komputer. Tanpa penyesuaian tersebut, AI yang digunakan oleh perusahaan akan menjadi alat yang sia-sia.

 

Lalu, apa efek yang akan dirasakan oleh sales representatif saat perusahaan menggunakan AI?

 

1. Fokus pada data yang lebih besar

Landasan utama AI adalah data, AI dapat mengurangi tingkat kesalahan perkiraan penjualan. Meskipun perusahaan sudah menggunakan CRM sebagai sistem untuk mengoptimalkan penjualan, ketika data sudah terlalu besar dan kompleks, perusahaan tetap membutuhkan alat tambahan untuk menganalisanya.

 

Oleh karena itu kombinasi CRM dan AI akan menjadi alat penjualan yang dapat mengoptimalkan analisis berdasarkan data. Tak hanya pada data, perusahaan juga dapat mengoptimalkan tindakan yang berhubungan dengan volume dan kualitas data tersebut.

 

2. Rekomendasi untuk bertindak

AI memiliki kemampuan untuk analis prediktif, tujuannya untuk menyediakan model penjualan berdasarkan informasi historis yang dimiliki oleh perusahaan. Kemampuan AI pun sebagai alat untuk mengetahui tingkat profitabilitas yang signifikan juga untuk menganalisa skenario marketing maupun penjualan yang dimiliki oleh tim sales. Dengan kemampuan ini, tim sales dapat bekerja lebih efektif dan semakin menghemat waktu untuk mendapatkan hasil analisa data.

 

3. Peningkatan produktivitas bagi sales representatif

Kombinasi AI dan CRM dapat mempengaruhi pekerjaan sales dengan mengalihkan fokus berdasarkan waktu dalam menjalin hubungan dan kesepakatan. CRM dapat membantu Anda menghemat waktu untuk memprioritaskan prospek yang harus diprioritaskan. Sedangkan AI dapat membantu Anda memperlihatkan riwayat penjualan dan prospek berdasarkan kriteria penilaian berdasarkan ptingkat penawaran dan tingkat kehilangan prospek yang Anda alami.

 

Itulah efek yang didapatkan dari penggunaan AI untuk sales yang dalam waktu dekat akan semakin meluas diberbagai bidang. Jangan pernah takut jika perusahaan mengimplementasikan AI sebagai bagian dari tim sales. Sebaliknya, Anda harus berterima kasih karena dengan paduan CRM dan AI, tingkat penjualan Anda semakin membaik.

Ilustrasi (c) Pexels.com