Return to site

Hormatilah Kompetitor Dalam Bisnis Anda!

Menghadapi persaingan bukanlah dnegan cara kotor

· Tips Sales,Tips Marketing

Kompetitor, ketika kita mendengar kata tersebut akan muncul beberapa benak dari masing-masing orang yang mendengarnya. Ada yang biasa saja, ada yang menganggap serius, ada yang meremehkan ada pula yang menghormati kompetitornya. Sering kami menemukan pelaku bisnis yang tidak bisa menerima persaingan dengan mengejek atau merendahkan produk maupun nama perusahaan hanya untuk mencari keuntungan untuk dirinya dan perusahaan.

Kami tahu, Anda pasti ingin memenangkan persaingan untuk dapat menguasai pasar atau untuk dapat merebut pelanggan. Tetapi, perlu Anda ketahui, ketika Anda menghadapi persaingan dengan cara kotor, maka akan ada perusahaan lain yang bisa saja bekerja lebih kotor daripada apa yang Anda lakukan. Terutama dari perusahaan yang sudah Anda rendahkan sebelumnya.

Jika Anda ingin menjadi perusahaan yang sukes dalam penjualan, maka Anda harus bekerja dengan baik dan hormatilah kompetitor-kompetitor Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, mengapa Anda harus menghormati pesaing-pesaing Anda.

1. Mereka ingin pelanggan dan mereka bisa mengalahkan Anda

Siapa yang tidak ingin mencapai kesepakatan penjualan dengan prospek? Tidak ada! Semua pasti ingin memenangkan persaingan untuk menjadi perusahaan terpilih dari prospek untuk melakukan pembelian. Memang, Anda pasti ingin mengalahkan pesaing-pesaing Anda. Tetapi, dengan bekerja lebih hati-hati dan penuh kesabaran Anda pasti bisa menarik prospek tersebut. Meskipun Anda yakin 90% prospek Anda akan memilih produk Anda, bisa saja di detik-detik akhir kesepakatan prospek Anda tersebut akan memilih pesaing Anda.

2. Mereka juga memiliki tim sales hebat

Anda boleh saja beranggapan bahwa tim sales yang Anda miliki adalah tim sales terhebat. Namun, pada kenyataannya, jika mungkin dilakukan lomba sales, Anda bisa saja kalah. Mengapa demikian? Bisa saja Anda kurang data dan merasa bahwa tim kompetitor di bawah kualitas tim Anda. Atau, data tim Anda sudah usang dan tidak mengetahui kalau beberapa penjualan besar dihasilkan oleh sales-sales tim kompetitor Anda.

Untuk itu, berhentilah berpikir bahwa Anda lebih hebat dari siapa pun. Tetapi pikirkanlah bagaimana cara Anda berhadapan dengan tim pesaing yang jauh lebih baik daripada Anda. Dengan demikian, Anda akan fokus untuk memperbaiki diri sendiri dibandingkan meremehkan kompetitor.

3. Mereka mampu menciptakan nilai untuk pelanggan

Apa yang Anda tawarkan untuk pelanggan-pelanggan Anda? Apakah hanya sebatas produk dan layanan? Semua bisa menerapkan staretgi yang sama dengan Anda. Jika Anda ingin meremehkan pesaing Anda dengan berdalih bahwa produk/layanan Anda yang terbaik, Anda bisa saja kalah dari mereka. Karena, mereka memiliki nilai yang dapat mereka tawarkan untuk pelanggan-pelanggan mereka. Jika Anda tidak dapat memberikan nilai tersebut, berarti Anda telah melakukan kesalahan dengan merendahkan kompetitor Anda.

Hormatilah Pesaing Anda

Perlakukan pesaing Anda dengan penghormatan yang luar biasa. Ketahuilah bawah mereka adalah pekerja keras untuk menciptakan nilai seperti apa yang Anda kerjakan. Mereka juga mengumpulkan kesempatan untuk mendapatkan penjualan. Anda tidak perlu bersaing dengan cara yang tidak sehat untuk menarik pelanggan. Cukup dengan menunjukkan rasa hormat kepada kompetitor, Anda bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari prospek-prospek Anda.

Dan pada akhirnya kami ingin berpesan kepada Anda bahwa penjualan yang sukses membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi untuk menciptakan nilai bagi prospek. Tetapi, bukan berarti Anda tidak menghormati pesaing Anda sebagaimana seharusnya. Hormatilah persaingan dan ketika Anda berhasil mengalahkannya, tunjukkan rasa hormat yang pantas untuk mereka dapatkan dari Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com