Return to site

Ikuti Aturan Ini & Buatlah Penjualan Anda Lebih ‘Wah!’

Peraturan dalam penjualan

· Tips Sales

Tidak peduli produk atau layanan apa yang akan Anda tawarkan, Anda harus bisa menbukukan penjualan dengan baik agar bisnis Anda bisa bertahan. Bisnis tak ubahnya seperti sebuah permainan yang Anda mainkan bersama anak atau rekan Anda. Dimana Anda harus menang dalam permainan penjualan ini.

Bagaimana cara Anda mengubah prospek menjadi pelanggan? Itu adalah pertanyaan yang dapat menghasilkan jutaan hingga miliaran Rupiah jika Anda dapat menjawabnya. Tetapi, banyak pelaku bisnis maupun salesperson yang gagal menjawab pertanyaan tersebut sehingga menghilangkan peluang begitu saja. Ada juga yang mengatakan menjual itu mudah, tetapi ia tidak mengerti bagaimana cara menjual.

Untuk bisa memahami bagaimana cara Anda meningkatkan penjualan dengan drastis, yang terpenting untuk Anda ketahui adalah bahwa penjualan adalah merupakan upaya untuk membantu orang untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi secara profesional. Kata kunci utama dalam penjualan adalah profesionalisme.

Coba perhatikan para penyedia jasa seperti dokter, ketika pasien sakit tentu pasien akan datang kepada seorang ahli yang memahami bagaimana cara membantu mengembalikan kesehatannya. Begitu juga dengan bisnis lain, orang juga akan memikirkan hal yang sama. Ia ingin menemukan solusi yang sesuai sebelum mengeluarkan uangnya untuk produk/layanan yang akan dibeli.

Aturan sederhana agar penjualan sukses

Selain kemampuan Anda memenuhi kebutuhan pelanggan, Anda juga harus fokus pada beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan peluang penjualan Anda mencapai kesuksesan.

1. Mengembangkan nilai untuk melakukan penjualan yang baik

2. Menjaga penampilan sebaik mungkin

3. Tepat waktu

4. Selalu menjaga hubungan dengan prospek

5. Mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan

6. Menjaga testimonial positif

7. Membangun hubungan baik

8. Mencari tahu apa yang penting bagi prospek (produk atau kualitas)

9. Follow up

10. Meminta feedback atau arahan

11. Berterima kasih

12. Konsisten dalam melayani pelanggan maupun prospek

Perhatikanlah aturan-aturan tersebut untuk meningkatkan kesuksesan penjualan Anda. Penjualan tidak akan memberi tahu Anda apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka bertanyalah untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan Anda. Tanpa kebutuhan akan produk dan layanan, Anda hanya akan membuang-buang waktu untuk melayani orang yang salah.

Satu tambahan terakhir, penjualan akan terjadi jika Anda memahami target pasar. Siapa yang akan membeli produk Anda? Jika Anda gagal menjawab, maka tingkat konversi penjualan Anda akan buruk dan Anda juga tidak akan pernah bisa menjawab pertanyaan dari kami diatas.

Mengetahui target pasar memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan prospek. Ketika komunikasi berjalan dengan baik hubungan Anda dengan prospek juga akan membaik. Gunakan CRM untuk membangun komunikasi dan hubungan baik Anda dengan prospek maupun pelanggan untuk memaksimalkan aturan sukses penjualan yang kami telah kami sebutkan di atas.

Ilustrasi (c) Pixabay.com