Return to site

Mengapa Lead management Itu Penting Untuk Bisnis?

Memaksimalkan potensi prospek dengan lead management system

Tidak semua lead yang Anda miliki akan memutuskan untuk melakukan pembelian produk/layanan yang Anda miliki. Semua salesperson pasti pernah berhadapan dengan kejadian dimana lead yang sudah memiliki kans melakukan pembelian 80% pada akhirnya lepas begitu saja. Tetapi, dibalik kejadian tersebut ada pengalaman yang memungkinkan bagi salesperson memperbaiki setiap sales pipeline untuk memperbaiki proses penjualan.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh The American College menyebutkan bahwa peluang lead untuk melakukan pembelian di kesempatan lain masih sangat memungkinkan. Riset ini mengambil sample bisnis asuransi dimana hasil penelitian menunjukkan 60% prospek membeli polis asuransi jiwa di kesempatan lain dalam satu tahun setelah melakukan pertemuan dengan sales. Sedangkan 30% lainnya melakukan pembelian pada tahun kedua dan 10% melakukan pembelian pada tahun ketiga.

Itu artinya, tanpa sistem lead management yang baik untuk mengikuti perkembangan prospek (tidak melakukan komunikasi lanjutan dalam beberapa bulan setelah negosiasi terakhir) sales dapat kehilangan hingga 40% dari total penjualan yang bisa didapatkan.

Sering kami sebutkan pada artikel-artikel lain dalam blog bahwa Anda tidak akan pernah mengetahui kapan lead yang tidak tertarik dan tidak berkualitas dapat berubah pikiran. Jika Anda merasa bahwa ada lead Anda memiliki minat, coba kategorikan lead Anda tersebut pada kategori peluang jangka panjang. Tetap amati semua lead pada kategori tersebut selama beberapa tahun, jika hingga tiga tahun tidak ada perubahan, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk melupakan prospek tersebut.

Tidak ada kata keberuntungan dalam penjualan, tetapi semua penjualan tercipta karena usaha Anda untuk terus terhubung dengan semua prospek yang Anda miliki. Melakukan pembaruan data untuk mengelola lead yang Anda miliki bisa dibilang adalah tindakan wajib yang perlu Anda lakukan.

Melakukan analisa prospek serta melihat pola sales pipeline dengan sistem yang memudahkan kinerja Anda akan meningkatkan produktivitas. Saat ini sudah tersedia CRM Cloud Based yang benar-benar menjadi alat yang dapat membantu kinerja semua departemen dalam perusahaan. Mulai dari marketing, sales, leader hingga customer service dapat bekerja sama untuk memantau semua pelanggan dari komunikasi antara prospek dengan perusahaan.

Dengan sistem lead management, selain memudahkan tugas Anda sebagai sales, Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan prospek. Karena selama Anda menyimpan semua data prospek dengan terpusat, ketika prospek lama kembali, Anda dapat melihat kembali data-data yang lalu untuk mempercepat proses lanjutan dari negosiasi sebelumnya.

Ilustrasi (c) Pixabay.com