Return to site

Mengenal Kembali Software as a Service (SaaS) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sadarkah Anda sudah berada di dalam lingkaran SaaS?

· Cloud

Pada era ekonomi digital yang kita nikmati saat ini, tanpa sadar kita sudah terhubung dengan teknologi aplikasi berbasis cloud yang istilahnya lebih dikenal dengan Software as a Service (SaaS). Penggunaan SaaS dalam kehidupan sehari-hari membuat kita sebagai pengguna merasa lebih mudah dalam menjalankan aktivitas. Mengapa tidak, apa yang kita butuhkan hanya perlu kita lakukan dengan beberapa sentuhan pada smartphone atau beberapa klik pada desktop/laptop. Mungkin, banyak dari Anda yang tidak menyadari hal tersebut, untuk itu kami akan mengingatkan kembali kepada Anda tentang apa itu SaaS.

Jika Anda merupakan pengguna CRM yang disediakan oleh Sales1, Google Apps, ojek online, semua ini merupakan contoh dari Software as a Service (SaaS). Tentunya, ini hanya contoh kecil saja yang pastinya Anda sendiri sudah sangat sering menggunakan perangkat lunak tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya, SaaS adalah perangkat lunak yang dapat diakses melalui internet tanpa Anda harus membeli program atau sistem  maupun perangkat keras untuk menggunakannya.

SaaS ini merupakan satu contoh dari layanan as a Service dalam dunia cloud. Jika Anda belum pernah mendengarnya, layanan lain dari cloud diantaranya adalah Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). Sebelum Anda merasa lebih bingung untuk mengenal semua teknologi ini, mari kita fokuskan pada Software as a Service (SaaS)  terlebih dahulu.

SaaS merupakan perangkat lunak yang berada pada server berbasis cloud, yang artinya Anda tidak perlu mendownload software untuk menggunakan pertama kali atau pun untuk melakukan pembaruan software. Anda juga tidak perlu lagi menutup kelemahan sistem sendiri, karena semua sudah dilakukan oleh penyedia. Artinya, Anda akan lebih menghemat biaya untuk perawatan karena tidak perlu mengalokasikan biaya perawatan untuk software yang Anda gunakan.

Tentu saja, SaaS membutuhkan internet untuk menggunakan dan mengaksesnya. Karena memang akses SaaS akan berfungsi sepenuhnya jika terhubung pada internet. Meskipun demikian, dengan fasilitas internet yang sudah sangat mudah untuk didapat, bahkan perusahaan Anda pastinya sudah memiliki akses tersebut. Pada aplikasi smartphone yang Anda gunakan, semua adalah layanan SaaS yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya, jika Anda sudah masuk pada layanan tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly