Return to site

Menghilangkan Musuh Dalam Selimut Dunia Sales

Benarkah hanya kompetitor yang menjadi musuh Anda?

· Motivasi,Tips Sales

Anda mungkin pernah mengalami situasi ketika tim Anda menjadi sangat tidak produktif yang hampir merata. Mereka yang awalnya dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan penjualan yang cukup berkelanjutan, namun pada akhirnya mereka pun ikut mengalami penurunan performa. Ada apa dengan tim Anda? Apakah kondisi pasar yang memaksa mereka untuk tidak produktif, atau justru ada musuh dalam selimut yang ikut nimbrung di dalam tim Anda.

Apakah musuh ini adalah seorang kompetitor? Bukan sama sekali, karena kompetitor adalah orang luar yang bisa saja mereka pun tidak mempedulikan kehadiran Anda. Jangankan untuk memikirkan bisnis Anda. Mereka pun berpotensi mengalami kesulitan untuk mencapai penjualan yang baik untuk perusahaannya sendiri. Jadi, untuk apa kompetitor memikirkan Anda jika pada pihak mereka sendiri masih memiliki masalah serius untuk bisnisnya?

Lalu siapa sebenarnya musuh dalam selimut tersebut? Musuh dalam selimut yang sebenarnya ada pada dua poin penting. Di mana, musuh pertama adalah tim sales yang memberikan efek negatif kepada rekan satu timnya dan yang kedua adalah produk yang Anda berikan kepada pelanggan.

1. Anggota tim yang memberikan efek negatif terhadap rekan satu timnya

Anda mungkin tidak pernah sadar bahwa penurunan performa penjualan dan penurunan performa dari anggota tim bisa disebabkan oleh seorang anggota tim yang dapat memberi efek negatif. Ia memecah kerja sama yang sudah dibangun dengan berbagai dalih yang membuat tim enggan bekerja sama lagi. Orang seperti ini perlu Anda perhatikan dan hilangkan dari anggota tim jika efek yang disebabkan oleh orang ini sudah sangat besar. Bahkan, ketika Anda melihat bahwa ada orang yang dapat memberi efek buruk untuk tim, maka secepatnya Anda harus menghilangkan musuh dalam selimut tersebut.

2. Produk atau layanan

Anda pasti sering menemukan produk dan layanan yang mengalami penurunan dari segi kualitas. Bukankah produk yang mengalami penurunan tersebut membuat Anda enggan untuk melakukan pembelian ulang? Inilah mengapa produk dan layanan dapat menjadi musuh dalam selimut dalam penjualan. Ketika perusahaan Anda memutuskan untuk menurunkan kualitas, maka jangan heran jika pelanggan banyak yang enggan untuk menggunakan produk Anda.

Dengan menghilangkan dua macam musuh dalam selimut di perusahaan Anda ini, maka Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan hasil penjualan dengan berdasarkan pada kualitas layanan serta kualitas produk dan juga kualitas tim yang Anda miliki.

Ilustrasi (c) Unsplash.com