Return to site

Menyetarakan Tim Sales Dan Tim Marketing

Tidak ada perbedaan antara sales dan marketing

· Tips Sales,Sales Strategy,Tips Marketing

Menyejajarkan tugas tim sales dan tim marketing yang Anda miliki pada akhirnya akan memberikan banyak manfaat yang sama sekali tidak bisa dirasakan oleh perusahaan sebelumnya. Tim sales dan tim marketing bekerja bukan hanya untuk mendapatkan prospek dan penjualan saja. Tetapi, mereka membutuhkan resource dari perusahaan untuk memberikan tugas yang lebih sejajar. Jangan hanya karena mereka tim marketing, Anda dari tim sales tidak bersedia membagikan tips dan teknik sukses penjualan. Padahal, jika dari tim sales bersedia untuk berbagi pengalaman kepada tim marketing, tentunya tim marketing akan belajar untuk mencari prospek yang sesuai dengan kebutuhan sales.

Mari kita jabarkan tugas dari tim marketing dan tim sales. Kami harap dengan penjabaran definisi sales dan marketing ini Anda mulai paham apa yang seharusnya Anda lakukan agar dapat mendukung pertumbuhan bisnis dan menghasilkan penjualan yang lebih besar. Secara sederhana, kita dapat melihat dari cara berkomunikasi.

Tim marketing merupakan tim yang kegiatannya di mulai dari komunikasi ke banyak orang. Sedangkan tim sales adalah mereka yang memulai komunikasi dari satu prospek ke satu prospek lainnya. Tim marketing dapat berkomunikasi dalam satu kali, dengan memanfaatkan media iklan seperti baliho, email marketing dan sebagainya. Namun, bagi salesperson, ia harus bertemu ke tempat prospek untuk membicarakan peluang melakukan pembelian.

Artinya, ketika seorang prospek sudah berada di depan pintu perusahaan untuk melakukan pembelian, maka tim pemasaran sudah harus memberikan mereka kepada tim sales. Jika tidak meneruskan data proses pada tim sales, sudah pasti tim sales akan kesulitan untuk mengenali prospek tersebut. Bagaimana pun, tim sales dan tim marketing tetap memiliki tujuan akhir yang sama yaitu untuk mencapai penjualan dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Dengan menyejajarkan tugas tim sales dan tim marketing serta menjaga komunikasi yang baik antar keduanya, maka perusahaan akan menemukan solusi-solusi terhadap masalah yang dihadapi pelanggan. Jika tim sales dan tim marketing selalu bekerja sendiri-sendiri karena merasa berbeda, sudah tidak heran lagi jika perusahaan sangat sulit untuk tumbuh.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK