Return to site

Tips Sales: Kapan Harus Menetapkan Tujuan Dalam Program Kemitraan?

Memilih mitra untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis

· Tips Sales

Tingkatan level kemitraan yang dilakukan oleh perusahaan bergantung pada kompleksitas kemitraan yang ditetapkan. Untuk tahap awal, Anda mungkin tidak membutuhkan tim yang menangani program ini. Yang Anda perlukan pada tahap ini adalah cukup dengan berinvestasi pada platform hubungan jangka panjang dengan pelanggan seperti Customer Relationship Management. Anda pun juga cukup untuk melakukan metode pendekatan proses kemitraan dalam pemasaran dengan membangun sistem afiliasi yang baik.

Mekanisme utama yang dipilih untuk membuat atau menjalankan program kemitraan  haruslah menjadi model yang mudah untuk diterapkan oleh mitra pilihan Anda dan juga mudah diimplementasikan untuk kebutuhan internal perusahaan. Hanya saja, perusahaan harus fokus pada kebutuhan internal perusahaan terlebih dahulu sebelum fokus pada program kemitraan. Tujuannya adalah untuk memahami pola pertumbuhan dan perkiraan di masa lalu agar dapat memenuhi tujuan-tujuan internal di masa depan.

Anda tidak bisa langsung memutuskan tujuan program kemitraan dengan hanya bermodalkan proses eksternal atau hanya melihat sisi luarnya saja. Anda juga tidak bisa memutuskan dengan hanya mengandalkan sisi internalnya saja. Namun, pemilihan sisi internal terlebih dahulu sebelum sisi eksternal, akan membuat program Anda ini dapat lebih terorganisir dengan baik. Sehingga, pemilihan mitra untuk keperluan program ini lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk melengkapi tujuan eksternal dalam program kemitraan dan menjamin pertumbuhan program dengan baik, maka perusahaan harus memperhatikan beberapa metrik kunci dalam melihat pelanggan. Contoh, metrik yang harus diperhatikan antara lain Customer Livetime Value (CLV), retensi pembelian, potensi jangka panjang dan metrik-metrik lainnya. Untuk mengetahui metrik-metrik tersebut, tentu tidak bisa dilakukan dengan cepat. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menentukan siapa calon mitra Anda hanya dengan bermodalkan sisi luar dari calon tersebut.

Kembali kepada pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk menentukan tujuan dari program kemitraan yang akan Anda lakukan untuk mendukung penjualan? Maka jawabannya adalah ketika Anda sudah benar-benar mengenali siapa pelanggan berdasarkan metrik-metrik penting serta nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Bukan kecepatan yang penting, tapi bagaimana cara Anda memilih dengan spesifikasi dan potensi yang akurat meskipun harus berlangsung pada waktu yang cukup lama.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly