Return to site

Motivasi Sales: Perlukah Kita Membandingkan Diri Dengan Orang Lain?

· Tips Sales

Membandingkan diri dengan orang lain (sales lain) terkadang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan penjualan yang kita miliki. Dalam proses pembandingan ini, tujuan utama yang harus Anda tanamkan sejak awal bukan tentang kompetisi. Alasan utama untuk melakukan hal ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang sudah Anda miiliki saat ini.

Jika kita berbicara tentang kompetisi antar salesperson, maka ini hanya akan menjadi aktivitas yang sia-sia. Apalagi jika yang dijadikan lawan kompetisi merupakan rekan satu tim di perusahaan. Dalam sales, kompetisi internal sangat tidak dianjurkan. Karena hasil yang maksimal dari tim sales akan didapatkan jika dihasilkan dari kerja sama bukan dengan cara berkompetisi. Bahkan, berkompetisi secara internal seperti ini akan membuat saling sikut yang tidak akan memberikan efek positif sama sekali. Mereka yang merasa kalah akan melakukan berbagai macam cara untuk mengalahkan kompetitor meskipun ia tahu kalau hal tersebut sepenuhnya salah.

Membandingkan diri dengan sales lain ditujukan untuk mengembangkan kemampuan pribadi yang Anda miliki. Dari sini, Anda perlu memberanikan diri untuk bekerja sama. Semakin sering Anda bekerja sama dengan rekan tim, maka Anda akan dapat membandingkan kemampuan Anda dalam menjual dengan rekan tim. Hal ini pun akan membuat Anda menemukan kekurangan-kekurangan yang harus segera Anda tutup dan sebaliknya jika Anda menemukan kelebihan, Anda perlu mencari cara untuk setidaknya mempertahankan kelebihan tersebut, terlebih lagi Anda dapat mengembangkan dan meningkatkan kelebihan tersebut.

Membandingkan diri dengan cara yang positif tentu sangat diperlukan guna menjaga usaha diri Anda agar tetap berada pada jalur yang benar. Hal ini pun akan terus memompa Anda untuk bekerja semaksimal mungkin agar dapat mengimbangi rekan tim yang dianggap sudah memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang Anda miliki saat ini. Belajar dari kerja sama akan meningkatkan kualitas pribadi Anda, karena dari sini Anda akan menemukan berbagai macam cara baru untuk membawa diri Anda tetap belajar dan meningkatkan kedisiplinan dan menjaga lingkungan tim yang baik agar Anda juga memiliki kesempatan yang sama dengan orang yang menjadi influencer saat ini. Jadi, membandingkan diri dengan orang lain pada dasarnya perlu dilakukan oleh salesperson untuk menjaga kemampuan menjual terus terasah.

Ilustrasi (c) Unsplash.com