Return to site

Peran CRM Dalam Mendukung Pebisnis Online

· CRM Software

Pebisnis online, apapun itu model bisnisnya, mereka harus memiliki pelanggan yang loyal agar bisnisnya dapat bertahan lebih lama. Ini berlaku bukan hanya pada enterprise, medium business, tetapi UMKM maupun pebisnis individu juga perlu menerapkan komunikasi dengan pelanggan yang baik agar dapat meningkatkan loyalitasnya. CRM, merupakan software yang dapat membantu pebisnis online untuk menjaga hubungan dengan pelanggan menjadi lebih baik dan juga untuk dijadikan fondasi awal dalam membangun komunitas pelanggan yang loyal.

Mengapa pebisnis online membutuhkan CRM?

Seperti yang kami sebutkan di awal, CRM ini adalah software untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Ketika Anda berhasil menjalin hubungan baik dengan pelanggan, maka Anda akan lebih mudah dalam menawarkan produk di masa depan. Selain itu, berikut adalah beberapa peran CRM dalam mendukung pebisnis online:

1. Pemusatan data pelanggan

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah, pebisnis online memiliki berbagai macam pelanggan yang datang dari berbagai daerah dan juga melalui perantara iklan atau social media. Semua ini dapat Anda simpan pada sistem CRM. Tujuannya adalah untuk memberi Anda gambaran, di mana Anda dapat memaksimalkan pemasaran yang potensial. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan dari pemasaran tersebut serta peningkatan efisiensi biaya.

2. Kemudahan dalam mengenali pelanggan

Dengan data yang tersimpan pada sistem CRM, Anda akan lebih mudah dalam mengenali pelanggan-pelanggan Anda. Bahkan, Anda dapat mengenali pelanggan yang telah melakukan pembelian tanpa batas waktu di masa lalu selama Anda menyimpan datanya pada sistem CRM.

3. Pemberian promo kepada pelanggan yang tepat

Dengan menggunakan sistem CRM, Anda dapat memberikan program promosi kepada pelanggan yang tepat. Anda pasti mendengar ada banyak pebisnis online yang gulung tikar karena promosi besar-besaran yang mereka lakukan? Benar sekali, ada banyak perusahaan yang mengalami hal buruk tersebut. Agar Anda dapat terhindari dari hal tersebut, Anda dapat memberikan promo kepada pelanggan yang benar-benar tepat. Sistem CRM akan membantu Anda untuk memudahkan dalam mencari pelanggan berdasarkan loyalitasnya dan jumlah pembelian yang sudah dilakukan. Dari data ini, Anda dapat memilih pelanggan yang berhak mendapatkan promosi yang pada akhirnya tidak membebani Anda.

4. Mencari kelemahan produk dan layanan

Salah satu peran penting pada sistem CRM adalah untuk membantu Anda dalam mencari kelemahan produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini dapat Anda kumpulkan melalui komplain yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan demikian Anda dapat melakukan perbaikan secepat mungkin untuk menjaga kualitas produk dan layanan Anda untuk pelanggan. Ketika Anda berhasil mencapai hal ini, maka pelanggan Anda akan puas dan pastinya akan melakukan pembelian ulang di masa yang akan datang. Bahkan, mereka juga dapat menjadi pelanggan loyal untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com