Return to site

Peran Aplikasi CRM Untuk Sektor Pemerintahan Di Indonesia

Mengenal lebih jauh fungsi CRM untuk pemerintah

· CRM Di Indonesia,CRM

Mengingat sektor pemerintahan memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi, memaksimalkan pengolahan data menjadi hal utama yang tidak bisa dikesampingkan oleh semua pemangku jabatan. Ada banyak hal yang harus dikerjakan oleh masing-masing pejabat, membuat mereka harus bekerja ekstra dalam memilih prioritas. Terlebih lagi yang berurusan dengan masyarakat atau warga negara.

Disini, implementasi CRM menjadi salah satu solusi bagi pejabat pemerintah untuk membuat kinerja mereka lebih baik. Semua hal baik dalam segi investasi maupun keluhan masyarakat dapat dikumpulkan dalam satu aplikasi sehingga memudahkan pegawai pemerintah dalam mengolah data. Jika kami perluas lagi, berikut adalah beberapa peran penting dari aplikasi CRM untuk pemerintah di Indonesia.

1. Efisiensi serta kenyamanan pejabat dan pegawai dalam bertugas

Efisiensi merupakan tujuan utama implementasi CRM untuk pemerintahan di Indonesia. Dengan implementasi CRM, instansi pemerintah dapat mengelola komunikasi dan operasional sehari-hari dalam satu tempat. Aplikasi CRM juga dapat menghubungkan semua informasi-informasi yang tersebar dan dapat melakukan pendekatan yang cepat untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh pemerintah.

Teknologi pada aplikasi CRM memiliki beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh semua PNS di Indonesia, meskipun sebagian dari mereka masih bisa dibilang sangat awam dengan teknologi. Kelebihan tersebut diantaranya adalah.

  • Aplikasi yang mudah digunakan dan mudah untuk di implementasikan
  • CRM berbasis cloud dapat di akses kapanpun dan di manapun selama pegawai terhubung internet
  • Memperlancar komunikasi antar pejabat dan pegawai (PNS) serta dengan masyarakat

2. Promosi/kampanye/pemasaran yang lebih mudah dan tertarget

Pemerintah juga membutuhkan promosi untuk menarik wisatawan asing maupun investor ke dalam negeri. Aplikasi CRM yang memang memiliki basic untuk penjualan dan pemasaran menciptakan keuntungan bagi pemerintah untuk memasarkan negara, kabupaten, kota atau bahkan desa untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia atau untuk menarik investor asing ke dalam negeri. Tak hanya itu saja, pemerintah juga dapat menentukan target dimana akan melakukan promosi menyesuaikan keperluan.

Sebagai contoh, untuk menarik wisatawan ke Bali, pemerintah dapat melihat statistik negara yang paling banyak menyumbang wisatawan asing ke provinsi ini. Jika berdasarkan demografi pada aplikasi CRM menunjukkan Jepang dan Inggris adalah negara penyumbang wisatawan terbanyak ke Bali, pemerintah dapat melakukan promosi di kedua negara tersebut. Hal yang sama juga dapat dilakukan oleh pemerintah untuk menarik investor ke Indonesia. Pemerintah dapat melihat potensi negara yang memiliki kecocokan dengan proyek yang akan dilakukan oleh pemerintah.

3. Manajemen tugas pejabat maupun PNS dengan tepat

Jadwal pejabat pemerintah Indonesia tentu sangat padat untuk melayani investor, melayani pejabat lain yang berbeda provinsi, kota dan lain sebagainya. Dengan menggunakan CRM, pejabat pemerintah dapat dengan mudah mengikuti aktivitas yang akan dilakukan. Adanya sistem pengingat atau pemberitahuan pada aplikasi CRM akan memudahkan pejabat dalam menentukan jadwal-jadwal baru.

4. Menekan biaya pengeluaran

Dengan implementasi CRM, pemerintah dapat menghemat banyak anggaran terutama yang berhubungan dengan pengolahan data seperti penyimpanan eksternal (HDD), penggunaan kertas, serta mengurangi hal-hal lain yang dapat menambah pengeluaran yang sebenarnya dapat ditekan dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk manfaat-manfaat implementasi CRM lainnya, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Implementasi CRM Untuk Pemerintah & Manfaatnya”. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut  tentang manfaat CRM, Anda dapat mengirimkan email kepada tim kami melalui email di hi@sales1crm.com. Tim kami akan dengan senang hati memberikan penjelasan kepada Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK