Return to site

Teknik Meningkatkan Penjualan Dengan Customer Service

Customer service untuk menambah pelanggan

· Tips Sales

Memuaskan pelanggan adalah kewajiban yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Tidak peduli bisnis yang Anda jalankan adalah perorangan, CV maupun enterprise. Semua model bisnis yang Anda jalankan memiliki tanggung jawab yang sama. Oleh karenanya pelaku bisnis harus siap memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya agar mereka merasa puas. Ketika mereka merasa puas, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk meningkatkan pendapatan dari retensi pembelian dari pelanggan-pelanggan Anda.

Jika Anda ingin menggunakan strategi pengembangan pendapatan perusahaan dari Customer Service, berikut adalah teknik yang harus Anda jalankan.

1. Percepat proses tunggu pelanggan

Pelanggan tidak suka menunggu, oleh karena itu, jika memang pelanggan Anda terpaksa harus menunggu, maka Anda harus memberikan waktu tunggu yang lebih cepat. Sebagai contoh, jika setiap hari ada 20 pelanggan yang komplain, sedangkan CS hanya satu orang, tentu ada waktu di mana pelanggan akan menunggu giliran. Ketika hal ini terjadi, artinya Anda harus siap menambah satu orang lagi untuk mempercepat proses pelayanan.

2. Dedikasi layanan lebih kepada pelanggan yang sangat loyal

Kenali pelanggan-pelanggan Anda, mulailah dari pelanggan yang melakukan pembelian rutin dengan jumlah besar, pelanggan rutin pembelian lebih sedikit, pelanggan yang jarang melakukan pembelian dan pelanggan yang sangat jarang melakukan pembelian. Khusus untuk pembelian rutin, Anda harus memiliki dedikasi waktu untuk mereka dengan memberikan pelayanan CS khusus. Contoh, 2 orang CS untuk umum, 2 orang khusus untuk CS prioritas dengan pembelian rutin.

3. Jadikan komplain sebagai data untuk bahan evaluasi

Jangan pernah mengabaikan kekuatan data dari hasil komplain. Karena, ketika Anda mengelola data komplain yang diterima dengan cara yang benar, maka Anda akan menemukan titik penting yang menjadi kelemahan produk dan layanan Anda terhadap pelanggan. Dengan penemuan tersebut, Anda dapat mengevaluasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga, kepuasan pelanggan meningkat dari hasil evaluasi tersebut, pendapatan Anda pun juga ikut meningkat karena rasa percaya pelanggan untuk produk yang Anda miliki.

4. Akses data semua pelanggan untuk CS

Jangan ada satu pun yang disembunyikan dari CS. Karena, CS harus tahu pelanggan yang ia hadapi. Jika CS tidak memiliki data pelanggan, bagaimana bisa ia menemukan informasi pelanggan dengan cepat dan potensi terjadinya kesalahan informasi akan lebih terbuka. Satukan data pelanggan-pelanggan Anda pada satu sistem terpusat seperti CRM. Jadikan sistem tersebut sebagai alat bantu bagi CS mengenal semua pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan customer service yang dapat kami berikan kepada Anda. Silakan tinggalkan komentar Anda apabila ada teknik lain yang ingin Anda bagikan atau memiliki pemikiran yang lebih baik guna memaksimalkan potensi dari CS. Anda juga dapat berlangganan blog kami secara gratis dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Dimoc.mil

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly