Return to site

Tips Agar Pelanggan Mudah Merekomendasikan Anda

Cara agar pelanggan menjadi referral Anda

Memiliki pelanggan yang loyal dan suka merekomendasikan produk/brand/perusahaan kepada orang lain adalah impian semua sales maupun perusahaan. Karena, dengan cara ini perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang dihasilkan dari rekomendasi tersebut. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat dari pelanggan ini, perusahaan dan tim sales harus bekerja ekstra keras. Karena, pelanggan tidak akan mmemberikan rekomendasinya kepada orang lain dengan mudah karena juga mempertaruhkan reputasi yang ia miliki di mata orang-orang sekitarnya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus bisa menjalankan beberapa tips berikut ini agar pelanggan lebih senang dalam memberikan rekomendasi kepada orang lain.

1. Memberikan pelayanan yang cepat ketika pelanggan melakukan komplain

Komplain terhadap produk/layanan yang Anda jual merupakan hak dari pelanggan Anda. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan ketika mereka melakukan komplain. Jika Anda tidak dapat mengerjakan segera, berikan alasan yang jelas dan sesuai. Anda juga perlu memberikan kepastian kepada pelanggan kapan masalah tersebut benar-benar teratasi.

2. Surprise dan testimoni

Pelanggan tidak akan selamanya mengeluarkan uang mereka kepada perusahaan yang tidak bersedia mengapresiasi kepercayaan yang telah ia berikan kepada perusahaan. Jangankan memberikan rekomendasi, untuk belanja ulang pun akan sangat berat. Oleh karena itu, jaga loyalitas mereka dengan membuat kejutan berupa rewards poin, hadiah atau produk pre-launch. Khusus untuk pelanggan yang sudah mendapatkan hadiah, mintalah mereka membuat kiriman testimoni pengalaman selama menjadi pelanggan perusahaan Anda. Apa pun media yang dipilih oleh pelanggan, pastikan media tersebut adalah media yang mudah mendatangkan minat pelanggan baru.

3. Sistem yang lebih mudah

Sistem pembelian/sistem pemesanan, sistem pembayaran, problem solver merupakan komponen yang menghasilkan kepercayaan dari pelanggan. Dengan memberikan pelayanan-pelayanan terbaik dari komponen-komponen ini, pelanggan akan lebih mudah puas dan senang. Tak hanya itu saja, pengalaman baik ini pun nantinya akan membawa pelanggan merekomendasikan Anda pada orang lain di sekitarnya.

4. Edukasi yang berkelanjutan

Banyak brand ternama yang masih memperkenalkan manfaat produknya. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi audiens dalam mengenal manfaat produk yang akan didapatkan. Begitu juga dengan produk/layanan yang Anda miliki, agar pelanggan memahami manfaat dari produk Anda, maka Anda harus bisa mengedukasi dan menanamkan manfaat tersebut. Ketika pelanggan merasakan manfaatnya, sudah pasti ia akan lebih mudah untuk merekomendasikan produk Anda pada orang-orang sekitarnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com