Return to site

Teknik Untuk Menjaga Kepuasan & Kesenangan Pelanggan

· Tips Marketing,CRM di Jakarta,CRM Software

Kesulitan menjual produk kepada pelanggan lama bisa dikarenakan karena pelanggan tidak senang dengan apa yang Anda tawarkan. Bisa jadi, pelanggan tidak senang dengan penawaran Anda, tidak senang dengan produk Anda atau bahkan tidak senang dengan layanan pasca penjualan yang Anda berikan kepada pelanggan. Semua ini menjadi hal negatif yang tidak boleh Anda pertahankan. Jika Anda mempertahankan perasaan tidak senang yang dirasakan oleh pelanggan, maka potensi untuk kehilangan pelanggan pun akan lebih besar. Jika Anda ingin merubah hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang disukai oleh pelanggan dan berpotensi untuk membuatnya lebih senang menggunakan produk/layanan yang Anda tawarkan.

1. Aktif dalam menerima masukan dan komplain pelanggan

Ketika ada yang salah dari perusahaan, jadikan kesalahan tersebut sebagai upaya pendekatan lebih dulu dari perusahaan kepada pelangga. Yang mana ini mengartikan bahwa Anda tengah berupaya untuk menyesuaikan apa yang sudah Anda janjikan kepada mereka yang awalnya tidak sesuai menjadi sesuai. Memecahkan masalah secepat mungkin sehingga pelanggan merasa tidak ada masalah apapun tidak hanya meningkatkan kepercayaan tapi juga akan membuat pelanggan Anda senang. Saran dan komplain yang Anda terima ini akan lebih baik untuk menghasilkan penjualan daripada Anda membiarkan begitu saja.

2. Selalu memulai dengan sikap yang positif

Di lapangan, Anda akan menemukan bermacam-macam tipe pelanggan, kondisi selama perjalanan pun dapat mengubah posisi pikiran Anda dari yang awalnya positif menjadi negatif. Tetapi, jangan sampai sikap negatif tersebut Anda bawa pada pelanggan. Seburuk apa pun kondisi pikiran Anda, maka tunjukkan sikap positif di hadapan pelanggan-pelanggan Anda.

3. Memahami bisnis pelanggan

Jika Anda tidak bisa memahami bisnis pelanggan, bagaimana pelanggan Akan senang? Sebagai seorang sales Anda harus bisa mengatasi permasalahan pelanggan dan memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Anda dapat menjalankan strategi untuk memusatkan pikiran mereka pada produk Anda sebelum Anda mempresentasikan secara detail.

Untuk memanfaatkan strategi ini, yang harus Anda lakukan adalah dengan mendengar semua keluhan-keluhan dan masalah yang mereka hadapi. Kemudian fokuskan diri Anda untuk mencari cara bagaimana agar Anda dapat menawarkan produk dan layanan yang Anda miliki kepada mereka. Tentu, dengan menawarkan solusi yang sangat tepat untuk bisnis pelanggan Anda tersebut.