Return to site

Tingkatkan Bisnis & Penjualan Anda Dengan CRM

· CRM,CRM Software

Meningkatkan penjualan adalah kunci utama untuk mengubah bisnis Anda menjadi sukses, setidaknya secara teori, akan seperti itu. Namun, dalam praktiknya, membuat seseorang membeli produk Anda bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi.

  • Konsumen modern memiliki banyak pilihan untuk memuaskan kebutuhan pembelian mereka. Anda tidak bisa hanya menempatkan produk Anda di pasar dan berharap seseorang pada akhirnya akan membelinya.
  • Banyak konsumen memiliki masalah yang perlu dipecahkan tetapi tidak menyadari bahwa mereka dapat membeli solusi yang sudah ada di pasar.
  • Konsumen telah terbiasa dengan tingkat perhatian tertentu dari perusahaan yang mereka dukung, dan jika Anda tidak memberikan apa yang mereka harapkan atau lebih baik, mereka akan tetap menggunakan penyedia yang ada.

Dari tiga hal di atas sudah perlu dipahami bahwa, penjualan tidak mudah seperti dengan teori peningkatan penjualan yang diharapkan. Maka dari itu, untuk membantu perusahaan mengatasi kesulitan ini, pengembang perangkat lunak untuk mendukung penjualan kini menjadi suatu keharusan seperti penggunaan software CRM. Sistem CRM hadir dengan berbagai fitur untuk membantu bisnis merampingkan proses penjualan.

Jika Anda masih belum terbiasa dengan CRM, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan Anda. Jadi untuk membantu Anda, kami telah menyusun manfaat singkat CRM yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mempelajari lebih detail.

1. Integrasi Data Pelanggan

Mengetahui kepada siapa Anda menjual sangat penting untuk membuat penjualan yang sukses. Sebelum era internet, ini berarti Anda harus berbicara dengan calon pelanggan secara langsung untuk mengetahui kebiasaan mereka sehingga Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda. Hari ini, proses ini telah digantikan dengan mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber online, termasuk email, posting media sosial, panggilan telepon yang direkam dan sebagainya. Triknya sekarang adalah menggabungkan data ini ke dalam profil pelanggan yang koheren dan sistem CRM akan membantu Anda mencapai hal tersebut.

2. Layanan Pelanggan Lebih Efektif

Bersikap terbuka dengan upaya penjualan Anda dulunya merupakan strategi penjualan yang valid untuk waktu yang lama, tetapi sekarang tidak lagi demikian. Jika Anda mendekati konsumen secara langsung dan memaksa, mereka akan cenderung menghindar daripada membeli. Yang harus Anda lakukan adalah mendekati mereka secara lebih tidak langsung dengan memanfaatkan layanan pelanggan. Seperti yang Anda ketahui, ini melibatkan pengiriman buletin email, memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas di situs web Anda, dan bentuk konversi lainnya. Sistem CRM dapat membantu Anda mengatur dan memantau aktivitas ini untuk setiap calon pelanggan sehingga Anda tidak kehilangan jejak di mana masing-masing calon pelanggan berada dan bagaimana konversi terjadi.

3. Otomatisasi Alur Kerja

Penjualan mengharuskan Anda melakukan banyak aktivitas yang berulang, namun tetap diperlukan setiap hari. Tidak hanya kegiatan ini membosankan dan rawan kesalahan, tetapi juga memakan banyak waktu, waktu yang bisa lebih baik dihabiskan di tempat lain. Namun, dengan CRM aktivitas semacam itu sangat cocok untuk otomatisasi berbasis perangkat lunak. Sistem CRM yang baik memungkinkan Anda mengatur alur kerja otomatis untuk tugas-tugas tertentu, seperti mengirim email, membuat laporan, atau menyortir data pelanggan.

4. Memantau Kinerja

Untuk meningkatkan penjualan, Anda harus terus mengoptimalkan proses penjualan itu sendiri. Dan untuk dapat mengetahui pendekatan mana yang berhasil dan mana yang tidak, Anda perlu memantau dan memperhatikan kinerjanya. Software CRM memungkinkan Anda melakukan ini dengan lebih mudah. Dengan memantau statistik seperti nilai umur pelanggan (CLV), tingkat penolakan, nilai pesanan rata-rata, waktu yang dihabiskan di situs, dan lainnya, Anda akan mulai melihat pola dalam perilaku pelanggan, yang memungkinkan Anda menyesuaikan pendekatan Anda terhadap penjualan.

5. Peningkatan Kerja Sama Tim dan Kolaborasi

Sebagian besar perusahaan berasumsi bahwa mempekerjakan lebih banyak tenaga penjualan akan menghasilkan lebih banyak penjualan secara keseluruhan. Ada beberapa kebenaran dalam klaim ini, dalam artian bahwa memiliki lebih banyak orang akan memudahkan untuk meningkatkan operasi penjualan Anda. Namun, lebih banyak orang pada suatu masalah tidak serta merta membuatnya lebih mudah untuk dipecahkan. Anda perlu memastikan bahwa tenaga penjualan Anda beroperasi sebagai sebuah tim jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda secara substansial. Dan sistem CRM memungkinkan Anda melakukan ini melalui fitur komunikasi, kolaborasi, dan berbagi data. Tim penjualan Anda dapat berkomunikasi secara langsung melalui CRM, mereka dapat mengatur diri mereka sendiri dengan mengatur jadwal, tugas dan target.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK