Return to site

Tips Agar Audiens Tertarik Untuk Mengikuti Presentasi Anda

Agar audiens siap mendengarkan presentasi yang Anda sampaikan

· Tips Presentasi

Dalam presentasi, Anda harus mengkombinasikan dua unsur yang sangat vital, yakni data yang akurat serta pesan yang tepat. Dengan dua kombinasi tersebut akan menciptakan presentasi bisnis yang sukses untuk menjangkau audiens. Lalu bagaimana cara yang paling tepat yang harus dipilih oleh salesperson agar lebih mudah dalam menjangkau audiens? Ini tipsnya untuk Anda!

1. Menguasai diri sebagai presenter

Sebelum Anda mulai mempresentasikan bisnis, Anda harus menguasai diri terlebih dahulu. Anda harus siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan audiens, meminimalisir kesalahan dan lain sebagainya. Anda harus memiliki strategi yang baik saat berhadapan dengan audiens. Bahkan Anda juga harus bisa mengatasai kesalahan yang bisa saja terjadi saat Anda mempresentasikan bisnis Anda.

2. Memperhatikan bahasa tubuh Anda

Seorang presenter pasti sangat mudah untuk mengalami nerves atau canggung saat berhadapan dengan audiens yang baru ia temui pertama kali. Tapi ingat, Anda harus tetap mengontrol pergerakan tubuh, suara maupun penampilan secara umum. Karena bahasa tubuh yang Anda tunjukkan pada prospek akan menentukan hasil dari presnetasi Anda.

3. Siap dengan setiap kondisi

Setiap presentasi memiliki situasi yang berbeda-beda yang harus bisa dikendalikan oleh seorang presenter. Akan tetapi, ada tiga faktor utama yang tidak akan pernah berbeda, yaitu pembicara/presenter, pesan yang diberikan/ditangkap dan yang terakhir adalah audiens. Bagi Anda yang menjadi presenter harus bisa menguasai segala situasi dalam presentasi. Karena Anda adalah yang diperhatikan oleh Audiens, tunjukkan kepada mereka kredibilitas Anda dan bisnis yang Anda bawa.

4. Memberi waktu untuk bertanya

Jangan terlalu nyaman dengan presentasi Anda hingga melupakan kalau sedang diperhatikan oleh audiens. Untuk menghindari audiens jenuh dengan presentasi dari Anda, cobalah untuk meminta audiens untuk mengajukan pertanyaan sebelum melanjutkan pada materi selanjutnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK