Return to site

Tips Membangun Strategi Pemasaran

Menargetkan audiens dengan tepat melalui strategi yang baik

· Tips Marketing

Kita semua tahu bahwa membangun brand juga harus disertai dengan membangun strategi pemasaran yang baik. Karena, memang dari sinilah semuanya dimulai. Anda akan mendapatkan banyak pelanggan jika mampu menyampaikan pesan melalui strategi yang benar-benar menyasar target untuk bisnis Anda. Jangan sampai pemasaran yang dilakukan bukanlah menghasilkan penjualan tetapi hanya menghamburkan uang perusahaan saja. Untuk itulah, kami akan memberikan beberapa tips membangun strategi pemasaran yang baik untuk bisnis Anda.

1. Kenali pelanggan Anda agar menghasilkan kampanye yang sesuai dengan mereka

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatahui siapa pelanggan-pelanggan Anda. Dari sini Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menemukan target yang ingin Anda incar. Melalui cara ini, Anda akan lebih fokus pada pelanggan dan lebih mudah pula untuk menghasilkan ROI setelah pemasaran dijalankan.

2. Melakukan riset terhadap apa yang dilakukan oleh kompetitor

Sejauh mana kompetitor Anda dalam menjalankan ,pemasaran? Apakah mereka menemukan ide-ide yang bisa Anda kembangkan untuk menarik perhatian prospek yang sesuai dengan target Anda? Jika demikian, Anda masih bisa mencari ide-ide baru yang bisa saja memiliki kemiripan dengan ide kompetitor. Tapi, jangan sampai meniru 100%, Anda perlu membuat ide-ide lain yang dapat menarik perhatian target. Contoh, di media sosial sering kali kita menemukan hashtag yang sesuai dengan kesukaan pelanggan. Dengan hashtag ini pula banyak kompetitor yang ikut menjalankan strategi marketing di dalamnya. Anda pun dapat menggunakan metode serupa untuk bisa menghasilkan calon pelanggan yang Anda sesuaikan dengan target market yang ingin didapatkan

3. Pilih channel yang tepat untuk pemasaran Anda

Pemilihan channel dalam pemasaran memiliki efek yang sangat besar terhadap keberhasilan pemasaran. Temukan channel yang memang memiliki lebih banyak potensi untuk menghasilkan lead. Dengan demikian, pemasaran akan jauh lebih efisien serta akan lebih efektif untuk segera menghasilkan penjualan.

4. Tentukan tujuan yang lebih rasional

Banyak marketer yang terlalu berlebihan ketika ingin mencapai target. Untuk kali ini, ada baiknya Anda mulai berpikir secara bijak agar target pemasaran yang akan Anda targeykan lebih tepat. Anda hanya perlu memfokuskan pada target yang lebih rasional dan sesuai dengan apa yang dimiliki oleh perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK