Return to site

Tips Sales: Cara Meningkatkan Penjualan Untuk UKM

Cara efektif untuk meningkatkan penjualan bagi UKM

· Sales Strategy,sales,Tips Sales
Tips Sales: Cara Meningkatkan Penjualan Untuk UKM

Apakah ada cara pasti yang bisa meningkatkan penjualan? Sejauh ini, tidak ada ilmu pasti yang bisa menjamin bahwa penjualan akan mengalami peningkatan signifikan. Tidak hanya UKM, perusahaan besar pun masih banyak yang mengalami kegagalan dalam produk mereka. Meski tidak ada ilmu pasti untuk meningkatkan penjualan, tapi ada banyak faktor yang memang pada umumnya berhasil meningkatkan penjualan.

 

Cara dimana Anda akan menghasilkan banyak penjualan baik UKM maupun perusahaan besar berfokus pada faktor seperti faktor bisnis, industri dan lokasi. Faktor-faktor tersebut memang sedikit mengalami pergeseran. Seperti lokasi yang saat ini sudah bukan lagi kendala karena sudah ada online shop yang tak peduli lagi dimana lokasi toko berada. Berikut adalah cara untuk meningkatkan penjualan bagi UKM atau bisnis kecil.

 

1. Menjual hubungan

Ada banyak cara modern yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara jadul sebagai alat yang lebih efektif dan ekonomis. Cara tersebut ialah dengan menjual hubungan dengan pelanggan. Apa maksudnya menjual hubungan? Maksudnya adalah, Anda tidak hanya menjual produk kepada pelanggan, tapi juga harus menawarkan layanan prima untuk pelanggan-pelanggan Anda. Dengan pelayanan prima yang Anda tawarkan kepada mereka, Anda akan berhasil membawa pelanggan tersebut untuk lebih loyal.

 

Menjaga hubungan dengan pelanggan ini memang adalah cara jadul, akan tetapi saat ini Anda tidak harus melakukannya dengan cara tradisional. Anda dapat menggunakan CRM yang akan sangat membantu Anda dalam menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan Anda.

 

2. Memanfaatkan kekuatan online atau website

Hubungan dengan pelanggan sudah terbangun, selanjutnya Anda dapat memanfaatkan cara modern yakni dengan memaksimalkan potensi online. Dalam era digital saat ini, banyak yang beranggapan bahwa pasar tradisional akan segera kalah dengan pasar online. Apakah itu benar? Untuk saat ini mungkin belum sepenuhnya benar, hanya saja kita tidak pernah tahu kapan e-commerce di Indonesia akan menjadi raja pasar. Peluang online masih sangat besar di Indonesia, ketika Anda Go-Online saat ini, maka peluang Anda semakin besar di luar sana akan semakin lebar.

 

3. Sales pipeline berkualitas

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ialah bagaimana proses penjualan terjadi. Kami akan mengingatkan Anda kembali, bahwa pelanggan prospek adalah pelanggan yang akan memberikan dampak kepada perusahaan untuk jangka panjang. Selain itu, pelanggan tidak bisa memutuskan pembelian saat itu juga. Perlu waktu yang tepat bagi mereka untuk memutuskan pembelian. Anda harus membuat sales pipeline yang berkualitas untuk bisa meracik strategi yang pas untuk bisnis Anda. Mungkin sebagai tambahan, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum closing.

 

Itulah cara meningkatkan penjualan untuk UKM. Pesan terakhir dari kami, membangun hubungan dengan pelanggan membutuhkan investasi dan sumber daya dari Anda yang sangat besar. Hanya saja dari investasi tersebut, Anda dapat memaksimalkan ROI.

 

Jika Anda memiliki cara-cara sendiri untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat mengirimkan email kepada kami di hi@sales1crm.com. Anda juga dapat berlangganan blog ini untuk mendapatkan tips-tips terbaru dari kami.

Ilustrasi (c) Pixabay.com