Return to site

Tips Sales: Trik Menghadapi Rasa Takut Dalam Diri Anda

Jadikan rasa takut sebagai motivator untuk sukses menjual

· Tips Bisnis,Tips Sales

Rasa takut akan menjadi musuh terbesar dalam kehidupan semua orang. Bahkan rasa takut juga menjadi musuh terbesar seseorang untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda tidak berani mengambil risiko yang lebih besar dari rasa takut yang Anda alami, tentu Anda tidak akan mendapatkan hasil yang lebih besar.

Contohnya sederhana, jika Anda takut mencoba untuk menaikkan harga produk, maka Anda tidak dapat menambah keuntungan yang akan Anda dapatkan. Hal semacam ini akan Anda alami terus-menerus karena Anda hanya mencari posisi aman dalam hidup Anda.

Jika Anda ingin lepas dari rasa takut dalam diri Anda, cobalah untuk melawannya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Keluarkan keberanian Anda dari posisi Aman

Seperti yang kami sebutkan di awal artikel, mencoba bertahan pada posisi aman tidak dapat meningkatkan kualitas dalam diri Anda. Begitu juga dalam sebuah bisnis, takut dapat mengubah bisnis Anda yang memiliki peluang baik hilang begitu saja.

2. Membedakan rasa takut dengan sikap berhati-hati

Rasa takut dan sikap berhati-hati adalah dua hal yang sangat berbeda. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa rasa takut yang mereka alami saat ini adalah sebuah bentuk kehati-hatian. Padahal tidak semuanya benar. Contoh, ketika seseorang ingin memulai bisnis, mereka takut produknya tidak laku. Padahal, orang tersebut belum pernah mencoba sama sekali tetapi sudah beranggapan tidak laku pada produknya.

Sedangkan sikap berhati-hati adalah merupakan hal yang baik dan cenderung masuk akal. Seperti menempatkan diri pada jalur yang sesuai dengan apa yang diperlukan. Contoh, ketika Anda ingin memasarkan produk, Anda harus memastikan bahwa strategi Anda sudah berjalan sesuai kebutuhan dan memastikan tidak ada hal yang terlewatkan. Itu adalah salah satu bentuk kehati-hatian Anda.

3. Menghadapi ketakutan dengan call to action (CTA)

Ketika Anda tidak bisa menjual, tentu Anda harus menghadapi kondisi ini dengan baik dan membuat rencana spesifik. Ketika Anda berhasil membuat perencanaan, kerjakanlah tugas Anda sesuai perencanaan tersebut. Jangan halangi diri Anda dengan ketakutan yang tidak masuk akal. Mulailah dengan call to action atau dengan memastikan bahwa Anda akan melakukan panggilan kepada prospek/pelanggan Anda saat ini juga bukan besok, lusa atau minggu depan.

Jika Anda merasa bahwa sudah waktunya memfollowup, lakukanlah sekarang. Jika Anda takut, peluang kehilangan Anda akan semakin besar.

4. Ubah rasa takut Anda dengan semangat

Ketika Anda tidak bisa menghadapi ketakutan Anda, ubahlah ketakutan Anda tersebut menjadi semangat dalam diri Anda. Contoh, jika Anda takut tidak mencapai target penjualan, mengapa tidak meyakinkan diri Anda jika Anda mampu bekerja dengan baik dan mencapai target. Jika Anda hanya fokus pada jumlah yang akan Anda raih, tentu Anda akan tetap berada di bawah rasa takut dan merasa ciut untuk bisa meraihnya.

Itulah cara menghadapi ketakutan dalam diri Anda untuk kembali mencapai kesuksesan yang dapat Anda lakukan. Mana cara terbaik yang pernah Anda pilih saat merasa takut? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com