Return to site

Tips Untuk Anda Para Sales Leader

Yang harus dilakukan oleh sales leader

Banyak sales leader yang gagal dalam membawa timnya untuk ikut sukses bersama dirinya. Bukan karena tim yang dimiliki tidak berkualitas, tetapi karena sales leader yang terkadang tidak konsisten dengan tugasnya. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah-masalah tersebut? Berikut kami berikan tips untuk Anda cara menjadi seorang sales leader yang memberikan efek kuat untuk tim dan meningkatkan penjualan.

1. Menentukan titik fokus yang menjadi target setiap bulannya

Tim Anda bekerja membutuhkan Anda sebagai panutan mereka. Jika Anda tidak memiliki fokus utama yang menjadi target untuk penjualan bagaimana tim Anda bisa fokus dalam bekerja? Itulah mengapa Anda harus memiliki titik fokus target penjualan untuk menjadi panduan bagi tim Anda dalam bekerja.

2. Memahami jadwal kerja tim

Jika Anda hanya menjadi leader satu atau dua orang tim mungkin akan sangat mudah memantau mereka. Tetapi, ini akan berbeda jika Anda sudah menjadi leader dari tim yang memiliki anggota 10 atau lebih. Mengetahui jadwal kerja tim Anda menjadi salah satu bagian penting yang harus Anda ketahui. Karena, ketika sewaktu-waktu prospek menghubungi perusahaan dan mencari anggota tim Anda yang tidak masuk, Anda tidak perlu lagi mencari anggota tersebut. Anda dapat langsung menugaskan anggota lainnya dengan cepat. Atau Anda juga dapat memberikan tugas kerja satu hari sebelum anggota tim Anda cuti kepada penggantinya.

3. Memberi arahan kepada tim

Tim Anda bukanlah orang-orang yang memiliki kekuatan super yang bisa tahu tugas dan apa yang akan dilakukan olehnya tanpa ada arahan dari leadernya. Bantu tim Anda untuk bisa membukukan penjualan, dengan demikian selain anggota tim berprestasi, Anda juga akan mendapatkan prestasi yang baik.

4. Menjadi motivator tim

Setiap kegagalan yang dialami oleh anggota tim sales bukan berarti itu merupakan 100% kesalahan dari anggota tim Anda tersebut. Jangan membuat tim Anda semakin lemah karena Anda menyalahkan kegagalan kepada mereka. Tugas Anda adalah melakukan riset penyebab kegagalan dan menjadi motivator untuk mereka yang mengalami kegagalan. Motivasi yang Anda berikan kepada anggota tim tentu akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan moral dan kepercayaan diri anggota tim Anda untuk mencapai target penjualan.

5. Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kerja tim

Banyak teknologi yang dapat Anda gunakan untuk meringankan tugas tim sales Anda. Salah satu teknologi yang dapat Anda gunakan adalah cloud based CRM. Dimana pada sistem ini tim Anda dapat menghubungi pelanggan lebih cepat, memberikan laporan kerja secara real time serta dapat melihat riwayat pesanan maupun negosiasi dengan prospek. Ketika pekerjaan yang diemban oleh anggota tim Anda lebih mudah, tentu produktivitas mereka pun akan meningkat.

Ilustrasi (c) Pixabay

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK