Return to site

Tips Untuk Menjaga Kualitas Waktu Anda

· Tips Sales

Apapun industri Anda dan ukuran bisnis Anda, Anda akan mengerti berartinya kualitas waktu dan pentingnya untuk menghemat waktu. Dalam bisnis, pepatah akrab yang sering kita dengar adalah 'waktu adalah uang'. Artinya, waktu yang terbuang bisa berarti uang yang terbuang sia-sia, peluang yang terbuang sia-sia, klien yang tidak puas, dan banyak lagi. Namun, manajemen waktu dapat dengan cepat memberikan efek yang luar biasa untuk bisnis Anda. Jika Anda seorang pengusaha, Anda mungkin sudah memenuhi banyak peran dalam bisnis Anda. Jika Anda ingin mengatur waktu Anda secara efektif dan memaksimalkan tingkat energi Anda, Anda memerlukan teknik dan strategi untuk mendukung Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kualitas waktu Anda untuk bekerja semaksimal mungkin untuk mendorong bisnis Anda:

1. Rekrutlah tim yang ahli atau yang dapat belajar dengan cepat untuk menjadi ahli

Pemilik bisnis yang cerdas dan percaya diri tidak berpikir bahwa mereka mengetahui semuanya. Sebaliknya, mereka adalah orang pertama yang mengakui ketika orang lain lebih tahu dan mereka menginginkan mereka di tim mereka! Merekrut ahli untuk menutupi area di mana Anda merasa lebih lemah, kurang percaya diri, atau kurang informasi adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu. Jika Anda berada dalam kondisi yang sangat membutuhkan tim ahli, maka Anda harus merekrut tim ahli. Apabila Anda merasa belum begitu membutuhkan, Anda dapat merekrut orang yang bisa belajar dengan cepat untuk mengisi posisi yang tidak dapat Anda handle seorang diri.

2. Mengirimkan delegasi

Pengusaha terkenal karena keserbagunaannya. Tetapi hanya karena Anda dapat memenuhi banyak peran tidak berarti Anda harus melakukannya! Delegasikan tugas yang lebih sederhana (atau memang, lebih khusus) kepada anggota tim yang sesuai atau pakar yang Anda percayai. Tugas seperti itu bisa memakan waktu tetapi tidak menuntut sehingga tidak memerlukan pengetahuan orang dalam dan dapat dialihdayakan jika diperlukan. Anda kemudian akan memiliki waktu dan ruang untuk fokus pada tugas yang hanya dapat Anda dan tim lakukan.

3. Singkat namun sering dilakukan

Pendekatan 'singkat dan sering' adalah menggambarkan memperhatikan masalah dan tugas secara teratur. Misalnya dalam pelatihan tim, akan lebih baik tim Anda mendapat pelatihan singkat namun rutin daripada berjam-jam namun hanya satu atau dua kali. Metode ‘singkat dan sering' ini dapat diterapkan pada tugas, proses bisnis, dan terutama— di mana tinjauan dan pemeriksaan rutin dapat membantu mencegah berkembangnya tugas yang berlebihan di akhir tahun. Pendekatan 'singkat dan sering' pada awalnya tampak menghabiskan lebih banyak waktu tetapi efek positifnya bersifat kumulatif. Secara keseluruhan, Anda akan menghemat lebih banyak waktu dengan mencegah masalah kecil dan tugas dari diam-diam menjadi masalah besar dalam jangka panjang.

4. Mengotomatiskan Proses

Percaya atau tidak, banyak pelaku bisnis, tim sales, tim marketing dan lainnya melupakan yang satu ini. Padahal, otomatisasi tugas-tugas yang berulang dapat membantu menghemat banyak waktu. Tugas rutin seperti membayar tagihan, mengirim faktur, atau mengarsipkan dokumen semuanya dapat dilakukan secara otomatis. Luangkan waktu untuk menyiapkan otomatisasi atau setidaknya proses yang disederhanakan dan nikmati waktu dan ketenangan pikiran yang disediakan ini! Untuk tim sales dan marketing, Anda dapat memanfaatkan sistem seperti CRM untuk mengotomatisasi beberapa hal yang harusnya bisa mereka sederhanakan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK