Return to site

6 Manfaat CRM Untuk Sales Manager & Tim Sales

· CRM Di Indonesia,CRM,Tips Sales

Jika Anda mencari cara untuk mengelola dan meningkatkan tim sales Anda dengan lebih baik, maka solusi CRM (Customer Relationship Management) tepat seperti yang Anda butuhkan. Software CRM dirancang untuk membantu perusahaan mengelola dan meningkatkan proses penjualan mereka dengan membuatnya lebih mudah bagi anggota tim sales dalam mengelola, memantau, dan berkoordinasi untuk tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan. Berikut adalah beberapa manfaat CRM yang akan dirasakan oleh sales manager

1. Merampingkan efisiensi penjualan

CRM memungkinkan Anda untuk merampingkan proses bisnis dan mengotomatisasi tugas sehari-hari, menghemat waktu dan uang Anda. Pada software CRM, Anda akan merasakan manfaat mulai dari penjadwalan meeting dan pengingat follow up, untuk menulis email dan membuat penawaran/quotation untuk tim sales. Selain itu, CRM juga mendukung tim sales di seluruh siklus/proses penjualan. Ini membebaskan waktu berharga untuk digunakan untuk kegiatan yang lebih penting, seperti mengembangkan bisnis. CRM juga memberi tim Anda alat yang mereka butuhkan untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan selain menumbuhkan prospek baru.

2. Peningkatan layanan pelanggan

Dengan begitu banyak informasi pelanggan (riwayat pesanan, aktivitas, preferensi, umpan balik, dll.) Di ujung jari Anda, CRM akan membantu Anda memberikan kesan yang baik dan kepuasan untuk pelanggan Anda. Ketika masalah atau pertanyaan muncul, Anda siap secara efektif untuk merespons lebih cepat dan lebih efisien. Anda juga dapat mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda dengan lebih baik, seperti ketika mereka siap untuk pengiriman lain atau produk baru yang mungkin menarik bagi mereka.

3. Tampilan 360 derajat

CRM memberi Anda pandangan lengkap tentang pelanggan Anda. Ini dirancang untuk memberikan informasi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan yang akurat kepada organisasi Anda sehingga semua departemen tetap sinkron dan terorganisir. Dengan riwayat terperinci tentang upaya pemasaran, penjualan, dan layanan, di samping karakteristik dan preferensi pelanggan, CRM memungkinkan Anda memanfaatkan setiap interaksi pelanggan sebaik-baiknya serta menghasilkan keputusan berbasis data berdasarkan informasi real-time dan terkini. Inilah yang kemudian dikenal sebagai Customer 360 derajat dalam bisnis dan penjualan.

4. Mobile CRM: Kemudahan bagi tim saat diluar kantor

Memiliki solusi CRM di ponsel atau perangkat portabel lainnya memungkinkan tim sales untuk melakukan pembaruan, membuat catatan, dan merekam setiap komunikasi saat bepergian dan sebagainya. Tidak perlu lagi menunggu tim kembali ke kantor atau rumah, dan tidak ada lagi metode penulisan secara tradisional seperti pada kertas atau pada media lain. Ini menghemat waktu dan mengurangi kemungkinan terjadi kesalahan.

5. Peningkatan Komunikasi Internal

CRM memungkinkan berbagai departemen dalam perusahaan berfungsi sebagai tim, dan meningkatkan komunikasi antar departemen. Sistem CRM yang baik memungkinkan penjualan, pemasaran, layanan, pengiriman, logistik, TI, dan karyawan keuangan untuk melihat pada tahap apa prospek atau pelanggan berada dan tugas apa yang perlu diselesaikan dalam kerangka waktu tertentu

6. Memahami Hubungan

Dari perspektif manajemen, membangun hubungan adalah inti dari solusi CRM. Baik Anda mengelola departemen penjualan, pemasaran, atau layanan pelanggan, sistem CRM menyentuh semua aspek pelanggan dan/atau hubungan prospek dengan perusahaan. Ketika satu departemen menambahkan informasi ke dalam database terpusat mengenai kontak tertentu, perubahan itu akan secara otomatis tercermin secara real-time di seluruh sistem.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan sistem CRM? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com untuk segera mengaktifkan sistem CRM untuk perusahaan Anda dan jadikan bisnis Anda lebih mengenal pelanggan dan efektif dalam menjaring pelanggan baru.

Ilustrasi (c) Unsplash.com