Return to site

Menjalankan Strategi Ini Dapat Mengubah Cara Menjual Anda!

Ketika penjualan menurun, ini saatnya Anda mengganti strategi!

July 12, 2018

Menurut tim marketing, mereka sudah memasarkan produk dengan sangat optimal, tetapi Anda dan tim sales lain tidak dapat menciptakan penjualan dengan baik. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kesalahan cara tim sales dalam menjual, itulah alasan pasti dari kegagalan tersebut. Jika mereka tidak membenahi langkah yang diambil, sudah pasti akan terus mengalami kegagalan yang sama. Jika Anda tidak ingin terus berada pada situasi yang sama seperti ini, berikut adalah strategi-strategi yang dapat Anda terapkan.

1. Menghubungi pelanggan pada waktu yang tepat

Jika selama ini Anda menghubungi pelanggan di waktu-waktu yang tidak tepat, cobalah untuk mengubah kebiasaan Anda tersebut. Mulailah untuk belajar mengetahui waktu yang tepat saat Anda melakukan panggilan pada pelanggan, saat Anda menghubungi via email atau upaya-upaya komunikasi lainnya. Ingat waktu, jangan mengejar prospek jika mereka tidak memberikan respon.

2. Langsung mencari prospek baru

Jika Anda sudah mendapatkan 10 prospek bukan berarti mereka semua akan melakukan pembelian kepada Anda. Ketika Anda sudah selesai berkomunikasi dengan prospek-prospek tersebut, Anda harus langsung mencari prospek baru. Karena dengan langkah cepat seperti ini menjadi cara yang efektif untuk mengisi potensi kegagalan dari prospek-prospek sebelumnya.

Namun, meskipun Anda mencoba mengejar jumlah prospek, bukan berrati Anda melupakan kualitas mereka. Bagaimanapun juga, kualitas prospek adalah yang paling penting dibandingkan dengan kuantitas.

3. Buat prospek merasa penting untuk Anda

Ada banyak cara untuk membuat prospek Anda merasa penting untuk perusahaan, seperti dengan membuat webinar atau dengan hal-hal lain yang dapat membantu bisnis mereka. Jika Anda berani membuat program-program yang dapat membantu bisnis prospek, mereka akan lebih percaya dan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Meskipun demikian, jangan hanya prospek yang Anda layani dengan baik seperti ini, perhatikan pula pelanggan-pelanggan lama yang Anda miliki agar mereka membantu Anda membawa prospek baru.

4. Beri mereka solusi, bukan penjualan

Menjual produk akan lebih mudah apabila Anda dapat memberikan solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi oleh calon pelanggan Anda. Oleh karena itu, tawarkan solusi yang tepat pada pelanggan, jauhi upaya penjualan, biarkan mereka yang datang untuk membeli tanpa Anda harus menyodorkan produk secara berlebihan.

Itulah strategi-strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjual lebih baik. Dengan strategi ini Anda tidak harus menjual untuk mendapatkan pelanggan. Uniknya, cara ini mampu membawa pelanggan untuk memberikan kepercayaannya yang nantinya akan berujung pada pembelian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com