Return to site

Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Kompetitif

Tidak perlu takut menghadapi kompetitor, dengan cara yang tepat Anda bisa meningkatkan penjualan!

· Tips Sales

Sebagai pelaku bisnis maupun salesperson, Anda harus memahami betul bahwa untuk mencapai hasil penjualan yang maksimal, Anda harus memiliki keunggulan yang kompetitif. Untuk mencapai ini semua, pelaku bisnis dan salesperson haruslah membuat strategi yang baik disertai dengan sikap salesperson dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Perlu diketahui, untuk bisa menghadapi persaingan bisnis saat ini, tim sales harus memahami dua hal utama yang mendorong kesuksesan penjualan selain produk dan fitur yang ditawarkan. Dua hal utama tersebut adalah taktik dan strategi. Strategi dalam penjualan merupakan perencanaan yang disusun untuk mendukung kegiatan penjualan. Sedangkan taktik adalah metode yang digunakan oleh perusahaan dan tim sales untuk menghasilkan penjualan seperti pengumpulan lead, proses dalam penjualan serta follow up.

Taktik yang digunakan oleh perusahaan dalam penjualan memiliki peran penting yang dapat memberikan keuntungan seperti:

  • Meningkatkan rasio closing
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Siklus proses penjualan yang lebih sederhana
  • Lebih kompetitif dan tidak tergantung pada pesaing

Sedangkan untuk strategi dalam penjualan, Anda sebagai pelaku bisnis maupun salesperson haruslah memahami apa saja yang menjadi pokok-pokok penting dalam menciptakan strategi yang efektif. Dukungan strategi yang baik inilah yang nantinya akan menghasilkan penjualan dengan tempo yang lebih singkat.  Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk mencapai hasil penjualan di tengah tingkat kompetisi bisnis yang sangat ketat.

1. Kedudukan prospek di perusahaan

Satu hal utama yang mendorong penjualan B2B adalah dengan memhami siapa prospek yang ia hadapi saat ini. Temukan asosiasi prospek dengan perusahaannya, apakah ia adalah delegasi untuk mencari informasi produk atau ia adalah seorang pengambil keputusan.

2. Bekerja sama dengan mitra prospek

Cobalah untuk mengidentifikasi supplier atau pemasok yang bukan termasuk dalam kompetitor Anda dan sedang bermitra dengan prospek. Cari tahu tingkat kebutuhannya dan tawarkan solusi yang sesuai/relevan dengan bisnis yang Anda miliki.

3. Meningkatkan penjualan dari pelanggan lama

Bekerjasama dengan pelanggan yang sudah Anda miliki adalah bagian dari strategi penjualan yang dapat Anda maksimalkan potensinya. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan serta mencoba memahami apa saja yang dapat Anda berikan kepada pelanggan. Dengan demikian, potensi penjualan yang akan Anda dapatkan dari pelanggan lama ini akan semakin meningkat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly