Return to site

Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menentukan Harga Produk

Cara tepat menentukan harga produk

· Tips Sales

Harga, satu kata yang dapat menentukan nilai produk Anda di mata pelanggan-pelanggan. Berdasarkan mitos, harga yang tinggi akan mendorong pelanggan untuk tidak membeli produk Anda. Sehingga banyak pelaku bisnis menerapkan harga rendah untuk produknya. Tetapi, memberikan harga rendah memiliki risiko keuntungan yang didapatkan semakin sedikit.

 

Yang berhubungan dengan harga ini adalah diskon yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan daya tarik pelanggan. Tetapi, terlalu sering memberikan diskon akan merusak kualitas pelanggan. Lalu, bagaimana cara menentukan harga yang paling sesuai untuk produk? Apa yang seharusnya dilakukan untuk menetapkan biaya atau harga produk atau layanan yang ditawarkan?

 

Ada 2 faktor utama yang harus Anda perhatikan untuk menentukan harga produk/layanan yang Anda miliki.

 

1. Tenaga kerja dan bahan baku (untuk yang memproduksi sendiri)

Jika Anda memiliki karyawan, maka Anda harus menghitung berapa biaya yang Anda keluarkan untuk menggaji karyawan tersebut. Masukkan nilai gaji karyawan Anda dalam rumus untuk menentukan harga jual produk yang Anda tawarkan. Jika Anda memproduksi produk sendiri, maka Anda juga harus menghitung nilai bahan baku produk Anda tersebut.

 

2. Keuntungan

Hitunglah berapa nilai keuntungan yang ingin Anda dapatkan, yang menurut Anda merupakan nilai paling aman. Mengambil keuntungan yang terlalu rendah akan berimbas pada kerugian saat terjadi kenaikan gaji karyawan atau bahan baku. Untuk itu pastikan Anda mengambil keuntungan proporsional agar tidak mengurangi kualitas produk Anda serta tidak mengurangi kinerja karyawan Anda.

 

Sebagai contoh, karena merasa nilai jual produk memiliki keuntungan minim, Anda menunda kenaikan gaji karyawan Anda. Karyawan yang merasa haknya dikurangi memutuskan untuk bekerja tanpa semangat yang akhirnya mengurangi produksi maupun kualitas produk. Ketika hal ini terjadi, maka Anda akan semakin mengalami kerugian karena pelanggan merasa produk Anda tidak berkualitas.

 

Bagaimana cara menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan?

Anda sudah tidak bisa mempertahankan harga lama karena keuntungan yang terlalu sedikit? Jangan panik, Anda hanya perlu memperhatikan cara Anda untuk menaikkan harga produk/layanan tetapi tetap menjaga loyalitas pelanggan Anda. Kami telah membahas beberapa artikel yang berhubungan dengan keputusan yang berkaitan dengan harga produk/layanan. Silakan Anda baca artikel-artikelnya di bawah ini!

 

Itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menentukan harga produk Anda. Kesimpulannya adalah Anda harus memperhatikan biaya yang Anda keluarkan untuk produk serta memperhatikan pasar. Jangan takut untuk menaikkan harga produk jika Anda yakin produk yang Anda tawarkan adalah produk yang berkualitas dan tidak akan merugikan pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK